Balap Ngelos, tradisi sambut sahur ala bajang Masbagik - OPSINTB.com | News References -->

Selasa, 26 April 2022

Balap Ngelos, tradisi sambut sahur ala bajang Masbagik

Balap Ngelos, tradisi sambut sahur ala bajang Masbagik

 
Balap Ngelos, tradisi sambut sahur ala bajang Masbagik

OPSINTB.com - Balap Ngelos adalah tradisi balap motor ala bajang (pemuda, red) Masbagik, Lombok Timur untuk menyambut makan sahur di bulan Ramadhan.

Namun ada yang unik pada Balap Ngelos ini. Motor yang digunakan untuk balapan dalam keadaan mesin dimatikan. Artinya, joki mendorong motor sekuat tenaga mulai dari garis star kemudian ditunggangi hingga garis finis. Tentunya motor masih dalam keadaan mati.

Biasanya, pemuda setempat memanfaatkan jalan raya sebagai sirkuit Balap Ngelos. Jalan raya menurun. Tepatnya, star di simpang empat Masjid Raya Masbagik dan finis di depan pertamina atau jalan raya depan pasar hewan Masbagik.

Salah seorang pemuda setempat, Linggayana Putra menuturkan, Balap Ngelos dilaksanakan mulai pupul 01.00 dini hari atau saat kendaraan sudah sepi hingga tiba beduk sahur. Hal ini agar pengguna jalan raya tidak terganggu dengan aktivitas tersebut.

Balap Ngelos dilakukan setiap bulan Ramadhan dan selalu ramai penonton, terutama anak-anak muda. "Sebagai seru-seruan saja," kata Lingga. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama