Penuhi permintaan Jokowi, Gubernur NTB bawa air narmada dan tanah Tambora ke IKN - OPSINTB.com | News References -->

14/03/22

Penuhi permintaan Jokowi, Gubernur NTB bawa air narmada dan tanah Tambora ke IKN

Penuhi permintaan Jokowi, Gubernur NTB bawa air narmada dan tanah Tambora ke IKN

 
Penuhi permintaan Jokowi, Gubernur NTB bawa air narmada dan tanah Tambora ke IKN

OPSINTB.com - Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah bersama seluruh gubernur dari semua provinsi di Indonesia mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara, Senin (14/3/2022).

Dalam kunjungannya, Bang Zul, membawa Air Narmada dan Tanah Tambora sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi mengundang para Gubernur se-Indonesia dan berpesan untuk membawa tanah serta air dari masing-masing wilayah. Tanah dan air yang dibawa harus diambil dari lokasi yang tentunya sesuai dengan kearifan lokal dan budaya provinsi tersebut.

"Kami membawa tanah dari Tambora yang punya sejarah besar, sedangkan air yang kami bawa dari Narmada akan membuat awet muda," jelas Bang Zul.

Bang Zul sebelumnya tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan pada hari Minggu siang. Gubernur datang bersama dengan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat. 

Tanah dan air yang dibawa para gubernur akan digabung di dalam sebuah wadah kendi. Para gubernur kemudiam akan menyerahkan kepada presiden.

Nantinya Presiden Jokowi yang akan menuangkan ke dalam kendi yang sudah disiapkan. Digabungkannya tanah dan air dari seluruh Indonesia memiliki makna tanah dan air berkaitan dengan Nusantara, yang mana dari ujung Aceh sampai Papua memiliki kearifan lokal berbeda-beda.

Kedatangan Presiden Jokowi sendiri ke IKN Nusantara direncanakan berkemah di kawasan tersebut. Ia akan kemah bersama Gubernur Kaltim, Gubernur Kalimantan Barat, Gubernur Kalimantan Selatan, Gubernur Kalimantan Tengah, dan Gubernur Kalimantan Utara. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama