Pawai ogoh-ogoh mini di Mataram berlangsung meriah - OPSINTB.com | News References -->

02/03/22

Pawai ogoh-ogoh mini di Mataram berlangsung meriah

Pawai ogoh-ogoh mini di Mataram berlangsung meriah

 
Pawai ogoh-ogoh mini di Mataram berlangsung meriah

OPSINTB.com - Pelaksanaan kegiatan pawai ogoh-ogoh mini dirangkaikan dengan upacara pecaruan jmat Hindu di beberapa lingkungan di Kecamatan Cakranegara berlangsung meriah. Dan kegiatan ini mendapat pengawalan ketat pihak kepolisian, Rabu (2/3/2022).

"Sementara, sebagai himbauan PPKM Level 3 untuk pawai Ogoh-Ogoh perayaan Nyepi kali ditiadakan," kata Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi.

Lanjutnya, kebijakan ini dikeluarkan oleh Pemkot Mataram menindaklanjuti surat dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) NTB. Dalam pelaksanaannya pawai ogoh-ogoh ditiadakan karena kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Selama dua tahun terakhir juga kita tidak menggelar pawai ogoh-ogoh, kegiatan seremoni seperti pawai ogoh-ogoh dalam bentuk mini di lingkungan masing-masing bisa dilaksanakan dengan pengawalan serta pengamanan jajaran Polsek," katanya.

Begitupun ibadah tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, surat keputusan PHDI NTB juga disampaikan ke pengurus PHDI Kota Mataram yang kemudian ditindaklanjuti dengan mensosialisasikan ke umat Hindu, ucap Kapolresta saat jumpa pers.

Kapolsek Sandubaya Kompol M Nasrullah menambahkan ada beberapa lingkungan yang menyelenggarakan pawai ogoh-ogoh mini dan ada juga yang tidak melaksanakan namun langsung menyelenggarakan Upacara Pencaruan (Tawur Kesanga).

"Seluruh personel kami turunkan sampai proses kegiatan selesai dengan pembatasan beberapa perwakilan umat serta protokol kesehatan covid-19 yang ketat,  rangkaian ini dalam rangka proses perayaan menjelang Hari Raya Nyepi 1944 Caka, yang jatuh pada hari Kamis tanggal 03 Maret 2022 di wilayah hukum Polsek Sandubaya," tutupnya. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama