ESC UNHAM laksanakan pengabdian masyarakat di Desa Aik Prapa - OPSINTB.com | News References -->

Selasa, 22 Februari 2022

ESC UNHAM laksanakan pengabdian masyarakat di Desa Aik Prapa

ESC UNHAM laksanakan pengabdian masyarakat di Desa Aik Prapa

 
ESC UNHAM laksanakan pengabdian masyarakat di Desa Aik Prapa

OPSINTB.com - Mahasiswa Universitas Hamzanwadi (UNHAM) yang tergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) English Speaking Club (ESC) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan program ESC to Countryside (ESCC) 2022.

Program ini dilaksanakan selama sepuluh hari, mulai 20 Februari - 1 Maret yang akan berorientasi pada tiga kegiatan utama, yakni pengajaran, pariwisata, dan pemberdayaan potensi alam yang ada di Desa Aik Prapa, Kecamatan Aikmel Utara, Lombok Timur.

"Kegiatan pembelajaran akan difokuskan pada pembelajaran Bahasa Inggris yang dirancang khusus untuk anak-anak dan remaja yang ada di Desa Aik Prapa," kata Pembina UKM ESC, Muhammad Ramli, Senin (21/2/2022).

Program pengajaran ini, lanjutnya, akan bekerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di Desa Aik Prapa dari tingkat SD sampai tingkat SMA. Meskipun dalam implementasi programnya nanti, kegiatan pembelajaran tidak hanya dipusatkan di sekolah karena proses belajar akan dilakukan diluar jam sekolah yang ada.

Selain itu, masih kata Ramli, dengan adanya penghasil kopi di Bornong yang menurut keterangan masyarakat setempat masih kurang dikelola dengan baik, maka Mahasiswa akan melakukan pendampingan dan penguatan pengelolaan budidaya kopi tersebut agar memiliki nilai yang lebih tinggi sehingga dapat mendongkrak perekonomian petani kopi setempat. 

"Yang tidak kalah penting, pengelolaan tempat wisata yang belum lama ini sedangan dikembangkan oleh Desa Aik Prapa juga akan menjadi fokus kegiatan," tegasnya.

Sementara Kepala Wilayah Sempur Daye Desa Aik Prapa, Ashari Maturidi mengaku sangat antusias dengan keberadaan kegiatan mahasiswa ini. Ashari menuturkan bahwa memang salah satu destinasi wisata yang sedang naik daun di Desa Aik Prapa adalah adanya tracking bike, yakni rute bersepeda yang sangat bagus di Lombok Timur bagi kalangan pecinta sepeda. 

"Namun karena memang wahana wisata ini masih baru, maka dibutuhkan dukungan berbagai pihak dalam pengembangannya terlebih promosi dan manajemen pengelolaannya," tutupnya.

Presiden BEM UNHAM, Heki Tamara menyampaikan, saat ini semua Organisasi Mahasiswa sedang melakukan kegiatan pengabdian serupa di beberapa tempat yang berbeda.

"Diupayakan kegiatan ini dapat dilaporkan ke SIM-BELMAWA agar kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Hamzanwadi juga terpantau secara langsung dari RISTEKDIKTI atau Kementerian Terkait," pungkasnya. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama