Dinas Kelautan dan Perikanan Loteng gelar lomba masak ikan - OPSINTB.com | News References -->

Kamis, 17 Februari 2022

Dinas Kelautan dan Perikanan Loteng gelar lomba masak ikan

Dinas Kelautan dan Perikanan Loteng gelar lomba masak ikan

 
Dinas Kelautan dan Perikanan Loteng gelar lomba masak ikan

OPSINTB.com - Tingkat konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) masih tergolong rendah. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan dan memperkenalkan berbagai produk olahan ikan berbahan dasar ikan nila, Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Loteng bekerjasama dengan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) dan Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Loteng menggelar Lomba Memasak Ikan. Kegiatan berlangsung di Halaman Kantor Bupati Loteng, Kamis (17/2/2022).

Kepala DKP Loteng, M Kamrin menerangkan, selain sebagai sarana edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi ikan, kegiatan lomba tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam mengolah makanan berbahan dasar ikan.

"Ikan kalau dimasak begitu-begitu saja, saya yakin orang atau pembeli akan cepat bosan. Nah, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memacu kreatifitas Anda untuk mengolah ikan menjadi berbagai macam bentuk olahan," kata M Kamrin.

Saat ini, lanjutnya, konsumsi ikan masyarakat Loteng masih di angka 28,69 kilogram per kapita per tahun. Sedangkan di tingkat provinsi, konsumsi ikan berada pada angka 50,21 kilogram per kapita per tahun.

Di sisi lain, jelasnya, hasil budidaya ikan nila di Loteng mencapai 11.381 ton pertahun. Artinya produksi yang dihasilkan oleh para petani sangat tinggi.

"Ini artinya capaian kita dalam konsumsi ikan masih sangat rendah, sedangkan produksi di petani sangat tinggi," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Forikan Kabupaten Loteng Nurul Aini Pathul Bahri menyampaikan, selain untuk memperkenalkan berbagai produk olahan ikan nila, kegiatan tersebut juga sebagai sarana mengkampanyekan gemar makan ikan. Karena diketahui protein yang terkandung dalam daging ikan dapat meningkatkan gizi masyarakat.

"Kita sama-sama ketahui angka stunting di Loteng masih cukup tinggi. Untuk itu, mengkampanyekan gerakan makan ikan dapat mengurangi angka stunting," kata dia.

Untuk itu, ia berharap setidaknya ada anggaran tambahan dari Dinas Kelautan dan Perikanan dikucurkan ke Forikan yang dikhususkan untuk membantu masyarakat. Sehingga semua kegiatan untuk membantu usaha pengolahan ikan baik ikan laut maupun air tawar dapat dimaksimalkan.

"Kami harap dari Dinas Kelautan dan Perikanan Loteng semoga ada anggaran tambahan. Sehingga kami dapat membantu masyarakat meningkatkan berbagai produk berbahan dasar ikan," pungkasnya.

Kegiatan tersebut diikuti 42 kelompok dari 12 kecamatan di Loteng. Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati, Wakil Bupati, Kepala OPD Loteng, dan Kepala PKK 12 Kecamatan di Loteng. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama