Belum ada data pasti jumlah tenaga kerja lokal yang terserap di KEK Mandalika - OPSINTB.com | News References -->

Senin, 31 Januari 2022

Belum ada data pasti jumlah tenaga kerja lokal yang terserap di KEK Mandalika

Belum ada data pasti jumlah tenaga kerja lokal yang terserap di KEK Mandalika

 
Disnakertrans Loteng sebut belum ada data pasti jumlah tenaga kerja lokal di KEK Mandalika

OPSINTB.com - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lombok Tengah, Lalu Karyawan menyebut, belum ada data secara pasti jumlah tenaga kerja lokal daerah yang diserap perihal keberadaan Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut.

"Belum ada data lengkapnya. Sehingga jumlah tenaga kerja kita yang terserap jumlahnya secara pasti tidak kami ketahui," sebut Lalu Karyawan pada opsintb.com, Senin (31/1/2022).

Dikatakannya, meski belum ada data pasti mengenai jumlah serapan tenaga kerja lokal daerah ini, bukan berarti pihaknya lepas tangan. Pihaknya terus bekerja memberikan pelatihan-pelatihan kepada warga lokal supaya bisa diterima bekerja di sektor pariwisata atau yang berkaitan dengan keberadaan Sirkuit Mandalika.

"Kami kerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk membimbing mereka. Semisal pelatihan bahasa Inggris atau menjadi seorang guide," kata Lalu Karyawan.

Dia menjelaskan, sejauh ini tenaga kerja lokal daerah yang bekerja di KEK Mandalika banyak tersebar di sektor perhotelan dan jasa travel. Sedangkan di sektor lain semisal untuk pembangunan dan pengembangan sirkuit banyak diisi tenaga luar daerah.

"Yang sudah kami latih di BLK sekarang banyak yang bekerja di hotel-hotel wilayah KEK dan bekerja di jasa travel," jelasnya.

Untuk tenaga Marshall pada saat penyelenggaraan event balap MotoGP bulan Maret mendatang, pihaknya lebih memprioritaskan tenaga lokal. Bahkan untuk meningkatkan kapasitas para Marshall, pihaknya sudah memberikan pelatihan agar penyelenggaraan balap MotoGP bisa berlangsung sesuai rencana.

"Untuk Marshall, kami lebih memprioritaskan tenaga lokal dan kami juga sudah memberikan pelatihan supaya mereka lebih siap nanti," pungkasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama