Wisuda VI, Djamaluddin dorong Unham terus berinovasi - OPSINTB.com | News References -->

18/12/21

Wisuda VI, Djamaluddin dorong Unham terus berinovasi

Wisuda VI, Djamaluddin dorong Unham terus berinovasi

 
Wisuda VI, Djamaluddin dorong Unham terus berinovasi

OPSINTB.com - Universitas Hamzanwadi (Unham) mewisuda 906 wisudawan/wisudawati program sarjana dan magister. Wisuda VI yang berlangsung Sabtu (18/12/2021) itu tampak hidmat dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Rektor Unham, Hj Sitti Rohmi Djalilah mengatakan, lulusan kali ini adalah para sarjana dan magister dalam suasana keprihatinan karena sebagian proses akademik dilaksanakan pada fase pendemi covid-19.

"Karena itu, pencapaian ini merupakan hasil dari proses penuh tantangan, kerja ekstra keras dan kesabaran. Tidak ada yang patut disampaikan selain bersyukur," ulas rektor yang juga Wagub NTB itu.

Pandemi Covid-19 melanda bersamaan dengan diluncurkannya kebijakan Merdeka Kampus Merdeka (MBKM). Kebijakan MBKM diluncurkan sebagai jawaban atas dua konteks strategis penyiapan manpower pembangunan nasional dan daya saing global.

"Melalui MBKM dirancang dengan tetap fokus pada bahan kajian pokok atau core business program studi-jurusan, ditambah kompetensi lain yang diprediksi memiliki sumbangan terhadap kesiapan memasuki agenda pembangunan masyarakat secara nasional dan global," ulasnya.

Ia menyebutkan, pandemi covid-19 sejak dinyatakan sebagai bencana non alam telah banyak mengubah pola pengelolaan dan pengembangan tri dharma perguruan tinggi melalui pembelajaran dalam jaringan (daring) dengan berbagai fltaform, web seminar (webinar dengan mitra lokal, nasional, dan internasional).

Seluruh pola pengembangan pembelajaran dan penelitian yang dikembangkan sudah dimonitoring dan dievaluasi langsung oleh Tim Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTM) Belmawa Dikti, pada 13 Desember 2021.

Berdasarkan dokumen internal, SOP, dan konteks langsung, termasuk proses koordinasi dengan Satgas Covid 19 setempat, hasil monev menunjukkan, Unham telah melaksanakan kegiatan tri dharma sesuai prosedur operasional dan ketentuan.

Seluruh kegiatan diorganisir dan dikoordinasikan dengan pihak terkait dalam menjaga kesehatan dan keselamatan civitas akademika dan masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab keagenan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat.

"Wabah Covid19 telah mengajarkan banyak hal dalam menjaga kelangsungan dan ketahanan. Walaupun dalam suasana keprihatinan, dengan prinsif dan semangat show must go on," tegasnya.

Wabah Covid19 telah mengajarkan cara berpikir dan bertindak cepat-sistematis-koordinatif, dengan berbagai bentuk perubahan dan penyesuaian rencana dan agenda.

"Universitas Hamzanwadi telah mengembangkan lima Program MBKM dari delapan Program Ungulan dari Kemendikbud. Kelima program tersebut diagendakan dalam beberapa program, dengan melibatkan 1690 mahasiswa dan 83 dosen pendamping," paparnya.

Selain itu, semua program dan agenda MBKM tidak mungkin dilakukan dan diinisiasi sendiri oleh kampus, dalam penentuan learning outcome dan indikator tanpa secara bersama-sama dengan masing-masing mitra kolaboratif.

Konteks ini membuka ruang bagi kampus dan mitra pemerintah, dunia usaha dan masyarakat bersinergi menjadi penthahelix system pembangunan pada berbagai bidang.

Efek positif kegiatan MBKM yang dikembangkan Unham dalam penthahelix system ini, yakni meningkatnya peringkat agenda kemahasiswaan dalam akun Simkatmawa dari peringkat 758 Nasional (Liga IV) tahun 2020 menjadi peringkat 165 nasional (Liga II) tahun 2021 dari seluruh PTN dan PTS di Indonesia.

"Peringkat itu sesuai rilis Desember 2021. Perbaikan peringkat ini menjadi peluang dan tantangan di masa selanjutnya, mengingat liga yang II yang dimasuki Universitas Hamzanwadi tempat berkompetisinya kampus-kampus besar dan ternama di negeri ini," kata Ummi Rohmi.

Peringkat Simkatmawa beririsan secara positif dengan data-data lain secara machine to machine dalam sister dan sinta, PDDikti, Simlitabmas, Silemkerma, Penjaminan Mutu Internal, Tracer Study, Kerja Sama, dan Kinerja Dosen.

Seluruhnya akan bermuara peningkatan peringkat klasterisasi PT, yang tahun 2021 ini ditunda rilisnya pada 2022, karena alasan peralihan Pusat Data dan Informasi Pendidikan Tinggi (Pusdatin) dengan terbentuknya Badan Riset Teknologi dan Inovasi Nasional (BRIN).

Data dan informasi perkembangan dan pengembangan Universitas Hamzanwadi yang salah satunya diakselarasi dengan hadirnya MBKM, mampu dan membanggakan untuk bersaing dengan kampus-kampus lain secara lokal, nasional, bahkan global.

Pada saat bersamaan, sejumlah capaian positif melalui akselarasi kebijakan MBKM sejak 2020, masih terdapat beberapa agenda pengembangan yang belum dicapai secara maksimal, dan menjadi PR dalam waktu dekat ini.

Pembukaan prodi baru bidang ilmu pendidikan dokter, manajemen akuntansi, pendidikan luar biasa, administrasi publik (S1) administrasi dan manajemen pendidikan (S2 dan S3), dan beberapa bidang ilmu pada jenjang S2 sedang berproses sebagai bagian implementasi kebijakan MBKM.                                                  

Sementara itu, Ketua YPH PPD NWDI Pancor HM Djamaluddin, M.Kom menyampaikan selamat dan sukses kepada Universitas  Hamzanwadi atas terselenggaranya Wisuda VI tahun 2021.

Ia menyebutkan, tantangan penyelenggaraan PT, sejalan dengan mewabahnya Covid19 sejak awal 2020 dan Kebijakan MBKM menjadi semakin ketat dan menantang. Namun ia melihat Unham mampu berkompetisi secara sehat.

Dilihat dari sejumlah laporan, kata Djamaluddin, proses konsultasi, dan pemantauan langsung, yayasan menilai Universitas Hamzanwadi mampu menyesuaikan diri dengan konteks yang berkembang dan berubah.

Beberapa capaian diraih, justru pada saat kampus-kampus lain sedang mengalami gangguan kapasitas internal, yang berpengaruh pada aspek manajemen dan kelangsungan pengembangannya akibat wabah ini.

"Karena itu, yayasan senantiasa mendorong agar best practice ini dipertahankan dan terus dikembangkan sehingga dapat menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan yang terus terjadi dengan cepat di masa-masa yang akan datang," paparnya Djamaliddin.

Sejumlah capaian yang sudah diraih, tentu saja bukan akibat dari hasil kerja sendiri, melainkan kerja sama berbagai pihak. Terima kasih kepada semua pihak yang telah menjalin kemitraan dengan Universitas Hamzanwadi, dengan harapan terus ditingkatkan pada masa yang akan datang.

"Capaian ini juga dapat menambah kepercayaan masyarakat atas kiprah Universitas Hamzanwadi sebagai PT lokal yang membanggakan kita semua," sambung adik kandung TGB Zainul Majdi itu.

Ia mendorong manajemen internal Unham harus terus menerus berinovasi untuk peningkatan kapasitas, kecendekiaan, dan kesejahteraan masyarakat. Capaian yang diraih menjadi starting point untuk melangkah dalam tantangan yang lebih luas dan kompleks.

Pemenuhan standar dan kapasitas internal dimaksudkan untuk memenuhi aspek akuntabilitas badan penyelenggara dan pelaksana pendidikan tinggi kepada masyarakat dan pemerintah, dengan harapan meningaktnya kepercayaan sebagai badan penyelenggara dan pelaksana yang bertanggung jawab.

Selain bertanggungjawab memenuhi standar, setiap kampus, tidak kecuali Universitas Hamzanwadi bertanggung jawab mengambil peran pengembangan masyarakat secara partisipatif dengan stakeholders lainnya, dalam konteks tri dharma PT.

Tadi, kata Djamaluddin, ibu rektor menegaska, melalui kegiatan MBKM yang dikembangkan Unham berdampak terhadap penthahelix system ini, yakni meningkatnya peringkat agenda kemahasiswaan dalam akun Simkatmawa mencapai peringkat 165 nasional tahun 2021 dari seluruh PTN dan PTS di Indonesia.

"Kita sangat bersyukur atas pencapaian itu. Kedepan kita optimis lebih baik. Kepada alumni kita brrharap agar menjadi alumni Universitas Hamzanwadi dan YPH PPD NW Pancor yang selalu memberi manfaat dan terus membanggakan," tutupnya. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama