Kejar target vaksinasi, UPTD Puskesmas Penujak 'jemput bola' hingga malam - OPSINTB.com | News References -->

Kamis, 30 Desember 2021

Kejar target vaksinasi, UPTD Puskesmas Penujak 'jemput bola' hingga malam

Kejar target vaksinasi, UPTD Puskesmas Penujak 'jemput bola' hingga malam

 
Kejar target vaksinasi, UPTD Puskesmas Penujak 'jemput bola' hingga malam

OPSINTB.com- Capaian vaksinasi masyarakat lingkar Bandara Internasional Zaenudin Abdul Madjid (BIZAM) khususnya wilayah UPTD Puskesmas Penujak, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah (Loteng) belum memenuhi target.

Pemerintah Daerah Loteng sendiri menargetkan 70 persen masyarakat lingkar BIZAM sudah divaksin dosis pertama dan kedua. Vaksinasi tersebut juga sebagai indikator pendukung pelaksanaan MotoGP pada 2022 mendatang.

"Jumlah dosis yang sudah diberikan kepada masyarakat di lingkup Puskesmas Penujak ialah 15.265 atau 68,3 persen untuk dosis pertama dan 10.389 atau 46,5 persen untuk dosis kedua per tanggal 29 Desember,'' kata Kepala UPTD Puskesmas Penujak, Sirajuddin, Kamis (30/12/2021).

Penyebab capaian vaksinasi tersebut belum mencapai target, lanjut Sirajuddin, karena masing-masing masyarakat pada lingkup Puskesmas Penujak mayoritas berprofesi sebagai petani dan pedagang. Sehingga saat akan dilakukan vaksinasi, banyak yang sedang berada di sawah dan di pasar.

''Kendalanya di masyarakat. Kalau tim dari puskesmas dibantu TNI-Pokri turunnya setiap hari,'' imbuhnya.

Lebih lanjut, Sirajuddin menjelaskan, untuk mengejar target tersebut, pihaknya dibantu Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas desa masing-masing melakukan vaksinasi hingga malam hari. Hasilnya, kata dia, lebih banyak masyarakat yang memperoleh vaksinasi pada malam hari.

"Caranya kami jemput bola. Vaksinasi kami lakukan sampai malam dan hasilnya lumayan,'' jelas pria kelahiran Kota Bima tersebut.

Adapun desa yang masuk dalam wilayah UPTD Puskesmas Penujak adalah Desa Penujak, Desa Bonder, Desa Tanak Rarang, dan Desa Setanggor. 

''Dari empat desa tersebut, Desa Tanak Rarang yang capaian vaksinasi masyarakatnya mencapai 100 persen,'' pungkasnya. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama