Warga Suryawangi sambut gembira Bimtek yang digelar Damkar-mat Lotim - OPSINTB.com | News References -->

Senin, 15 November 2021

Warga Suryawangi sambut gembira Bimtek yang digelar Damkar-mat Lotim

Warga Suryawangi sambut gembira Bimtek yang digelar Damkar-mat Lotim

 
Warga Suryawangi sambut gembira Bimtek yang digelar Damkar-mat Lotim

OPSINTB.com - Damkar-mat Kabupaten Lombok Timur rutin menggelar bimbingan teknis (Bimtek) di berbagai tempat di wilayah Lombok Timur. Dan kali ini, Damkar-mat gelar bimtek di Gedung Serbaguna dan di Lapangan Umum Kelurahan Suryawangi, Kecamatan Labuhan Haji, Senin (15/11/2021). 

Kepala Bidang Pencegahan pada Dinas Damkar-mat Lombok Timur, Athar mengatakan, Bimtek bertujuan untuk memberikan pengetahuan awal kepada mayarakat untuk mencegah kebakaran di lingkungannya. Sehingga dengan inilah kasus kebakaran di Lombok Timur menjadi menurun.

Tidak hanya Bimtek, Damkar-mat juga memberikan praktik dalam menangani kasus kebakaran kecil, misalnya ketika ada gas yang bocor.

Lanjut Athar, hingga saat ini Damkar-mat sudah memberikan Bimtek kepada 20 lebih desa/kelurahan. "Untuk kelurahan ini yang pertama kali kita laksanakan," ucapanya.

Kata Athar, kesulitan dalam melakukan kegiatan ini yaitu dari segi anggaran. Namun dari masalah anggaran tersebut ia mampu mengkondisikan dengan stakeholder yang ada sehingga Bimtek ini bisa di maksimalkan. 

"Walaupun dari segi anggaran kita kesulitan namun kita mampu mengondisikan dengan stakeholder yang ada," katanya.

Di sisi lain, Lurah Suryawangi, Hasmayadi menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Bimtek yang digelar oleh Damkar-mat Lombok Timur ini.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan Bimtek yang di laksanakan ini," katanya.

Dalam mengadakan kegiatan ini, beberapa malam yang lalu ia pernah mengadakan pertemuan dan meminta untuk mengadakan kegiatan Bimtek tersebut. Tetapi ia merasa kebingungan untuk penganggaran karena ini sudah akhir tahun. 

"Untuk kegiatan ini, Alhamdulillah ada salah seorang donatur dari warga setempat yaitu Kepala Pustu Suryawangi yang bersedia memberi suport dana," terang Hasmayadi.

Untuk tahun berikutnya ia dan pihaknya berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan fisik seperti ini, tentunya dengan kemapuan anggaran yang dimiliki.

Sementara itu, salah seorang Warga Kelurahan Suryawangi, Oriegia Shativa Muliadi menyambut gembira kegiatan Bimtek yang digelar Damkar-mat ini. Sehingga, ia nantinya bisa mempraktikkannya di rumah, terutama untuk mencegah kebakaran besar.

"Tadi saya mempraktikkan langsung cara memadamkan api dari kebocoran gas, dipandu langsung tim Damkar-mat, ternyata sangat mudah sekali," pungkasnya. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama