Keren, Lombok Timur sudah capai target Herd Immunity - OPSINTB.com | News References -->

Senin, 08 November 2021

Keren, Lombok Timur sudah capai target Herd Immunity

Keren, Lombok Timur sudah capai target Herd Immunity

 
Keren, Lombok Timur sudah capai target Herd Immunity

OPSINTB.com - Herd immunity atau kekebalan kelompok dapat diwujudkan dengan minimal 70 persen warga sudah disuntik vaksin covid-19. Dan Lombok Timur berhasil mencapai target tersebut.

"Vaksinasi Lombok Timur sudah mencapai 70,21 persen," tegas Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, HM Juaini Taofik pada jumpa pers, Senin (8/11/2021) di ruang rupatama kantor bupati setempat.

Untuk itu, sekda menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang berkerja keras, bahkan tanpa mengenal libur, "tidak ada hari libur selama November, sesuai edaran Bupati. Dan itu berhasil mempercepat target vaksinasi sebelum November berakhir," ungkapnya.

Selain berterima kasih kepada tenaga kesehatan, dukung TNI-Polri, OPD serta kesadaran masyarakat, sekda juga menyampaikan terima kasih kepada media yang mendukung lewat informasi dan pemberitaan positif.

Pada acara yang dihadiri Kapolres Lombok Timur tersebut, sekda juga mengungkap target yang masih harus diselesaikan yaitu mengejar pencapaian dosis kedua dan vaksinasi lansia. Di samping itu dijelaskannya pula masih adanya perbedaan capaian riil vaksinasi dengan data pada aplikasi P-care sebagai patokan pemerintah pusat. Namun begitu, sekda optimis hal tersebut dapat segera diatasi dengan dukungan tim IT Polda NTB dan sinkronisasi data Dukcapil.

Sekda menyebut pula pentingnya pencapaian vaksinasi ini sebagai bentuk kesiapan Lombok Timur sebagai penyangga destinasi superprioritas Mandalika.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, H Pathurrahman menyampaikan, sebelumnya Lombok Timur berada di level III PPKM karena masih rendahnya capaian vaksinasi lansia dan dosis kedua. Akan tetapi berkat percepatan yang dilakukan vaksinasi lansia dan dosis kedua dapat terus ditingkatkan sehingga berada di level sedang. Dengan begitu Lombok Timur saat ini berada di level I PPKM.

Dia juga mengingatkan bahwa pencapaian 70 persen vaksinasi saat ini jangan lantas membuat masyarakat abai menerapkan protokol kesehatan. Sebelum pemerintah pusat mencabut kondisi pandemi, masyarakat masih harus menerapkan protokol kesehatan kendati berbagai kegiatan sudah dapat dilakukan tanpa pembatasan seperti pada level I atau II.

Diingatkan pula bahwa dengan diperbolehkannya vaksinasi untuk usia di bawah 12 tahun target vaksinasi akan mengalami peningkatan, sehingga semua pihak masih harus bekerja keras. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama