Berkunjung ke Lotim, Menteri PPPA dorong keterlibatan perempuan dalam pembangunan daerah - OPSINTB.com | News References -->

04/11/21

Berkunjung ke Lotim, Menteri PPPA dorong keterlibatan perempuan dalam pembangunan daerah

Berkunjung ke Lotim, Menteri PPPA dorong keterlibatan perempuan dalam pembangunan daerah

 
Berkunjung ke Lotim, Menteri PPPA dorong keterlibatan perempuan dalam pembangunan daerah

OPSINTB.com - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati melakukan kunjungan kerja ke Sekolah Perempuan Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur, Kamis (4/11/2021).

Bintang Puspayoga sapaan akrab Menteri PPPA berpesan, dengan adanya Sekolah Perempuan ini, perempuan lebih berani bersuara dan tidak hanya menjadi penikmat pembangunan suatu daerah, akan tetapi ikut berperan langsung di dalamnya.

"Saya merasa bangga bersama ibu-ibu anggota Sekolah Perempuan karena ibu-ibu ini sangat hebat," ucap Bintang Puspayoga dalam sambutannya, didampingi Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy.

Sebagai Menteri PPPA, ia sangat yakin dan percaya perempuan bisa berkiprah, tentunya tidak terlepas dari dukungan seorang laki-laki, apakah laki-laki itu sebagai seorang bapak, suami maupun saudara.

Dukungan terhadap perempuan untuk bisa tampil di ranah publik sangat diperlukan karena perempuan adalah penopang hidup bangsa, tidak hanya dari jumlahnya saja yang mengisi hampir setengah dari populasi Indonesia. Namun perempuan juga memiliki peran penting dalam setiap lini dan sektor kehidupan. 

Di dalam keluarga misalnya, masih  kata dia, mayoritas perempuan menjadi manager keluarga kemudian juga ketika di ranah sosial perempuan memiliki empati dan sensitif sosial yang luar biasa untuk mencari solusi dari berbagai kondisi. Begitu pula dari sisi ketahanan ekonomi perempuan memiliki ketelitian kemudian kesabaran dan keuletan yang merupakan kunci dari kesuksesan.

"Saya sangat bangga dengan ketahanan ekonomi pangan perempuan yang ada di desa Montong Betok ini dan ini harus terus digali inovasi dan kreatifitas yang luar biasa ini," ucapnya.

Masih kata Bintang Puspayoga, perlunya mendorong kontribusi perempuan terhadap pembangunan dan masyarakat sekitarnya, terlebih ia yakin dan percaya kepada anggota Sekolah Perempuan dan juga ibu-ibu yang ada di Kabupaten Lombok Timur pasti diberikan kesempatan dan peluang oleh pemerintah setempat untuk terus mereplikasi dari pada Sekolah Perempuan ini. 

Terkait dengan Sekolah Perempuan ini akan sangat sejalan dengan upaya pemerintah dalam mewujudkan kesetaraan gender. Sekolah Perempuan merupakan bentuk pengarusutamaan gender di masyarakat, untuk meningkatkan peran dan statusnya sebagai anggota masyarakat.

"Sekali lagi, ini merupakan kebanggaan bagi saya ketika mendengar dampak positif berkaitan dengan terbentuknya Sekolah-Sekolah Perempuan yang ada di beberapa desa yang ada di Lombok Timur ini," pungkasnya.

Dan, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah keterwakilan perempuan dalam pengambilan keputusan di tingkat desa. Sehingga ia berharap agar perempuan yang tergabung dalam Sekolah Perempuan ini mulai berani berperan untuk ikut berpartisipasi di dalam pembangunan yang ada di wilayah masing-masing. 

Selaku Menteri PPPA, ia diberikan lima isu prioritas oleh Presiden. Yakni pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaan yang berperspektif gender, pemberdayaan ibu dan keluarga dalam pendidikan dan pengasuhan, penurunan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak, penurunan pekerja anak, dan pencegahan perkawinan anak. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama