Festival Dara Ngindang, ribuan merpati hiasi langit Desa Lendang Belo - OPSINTB.com | News References -->

Kamis, 21 Oktober 2021

Festival Dara Ngindang, ribuan merpati hiasi langit Desa Lendang Belo

Festival Dara Ngindang, ribuan merpati hiasi langit Desa Lendang Belo

 
Festival Dara Ngindang, ribuan merpati hiasi langit Desa Lendang Belo

OPSINTB.com - Kegiatan Festival Dara Ngindang dilaksanakan di Desa Lendang Belo, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, Kamis (21/10/2021).

Pada festival ini, ribuan dara (burung merpati, red) dilepas bebas menghiasi langit biru Desa Lendang Belo dan disaksikan oleh masyarakat banyak. Dan burung dara dibawa dari berbagai Kabupaten di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain masyarakat, festival itu juga dihadiri langsung oleh Kadis Pariwisata Lombok Timur H Mugni dan Kadis Pariwisata NTB Yusron.

Inisiator Festival Dara Ngindang, Surya Jaya mengatakan, festival ini pertama kali dijadikan event di Desa Lendang Belo. Ia berencana akan menjadikan festival ini sebagai event tahunan di desa setempat.

"InsyaAlloh nantinya festival ini akan kita jadikan event tahunan," ucap Surya ditemui usai kegiatan festival.

Pada kesempatan itu, dia menceritakan filosopi Festival Dara Ngindang. Kata Surya, sebelum adanya Pos di negara ini, merpatilah sebagai pemersatu bangsa bahkan pemersatu dunia. Merpati dilatih secara khusus untuk mengirim pesan atau surat. Setelah Pos lahir, budaya itu mulai dilupakan. Sehingga festival ini dijadikan event untuk mengenang hal itu. 

"Budaya ini kita akan lestarikan terus menjadi event yang dikenal dunia," pungkasnya.

Sementara itu ia katakan, event ini diikuti oleh sekitar 200 peserta se-Pulau Lombok, yaitu Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat dan Lombok Utara. Dan jumlah burung merpati yang dilepas sekitar 2 ribu ekor.

Surya berharap, melalui festival ini Desa Lendang Belo dikenal sebagai desa wisata uang dikenal dunia. Dan ekonomi masyarakat setempat khususnya, lebih maju. Juga nilai jual burung merpati menjadi lebih tinggi.

Di sisi lain, H Mugni memberi apresiasi atas terlaksananya Festival Dara Ngindang. "Festival ini sudah kedua kalinya dilaksanakan dan alhamdulillah acaranya berjalan dengan lancar," katanya.

Pemerintah juga memberi dukungan penuh kegiatan ini. Dan kehadiran pemerintah kabupaten maupun provinsi adalah salah satu wujud dukungan itu. Karena ini adalah tradisi atau budaya yang datang dari bawah. 

"Nah ini sudah dua kali bisa berjalan. Artinya di tahun depan pemerintah harus mengambil bagian akan tercatat menjadi salah satu Event di Lombok Timur, yakni Dara Ngindang yang menjadi milik Desa Montong Gading, khususnya Desa Lendang Belo," jelas Mugni. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama