Pangdam Udayana resmikan Pompa Hidram di Desa Tetebatu - OPSINTB.com | News References -->

Senin, 13 September 2021

Pangdam Udayana resmikan Pompa Hidram di Desa Tetebatu

Pangdam Udayana resmikan Pompa Hidram di Desa Tetebatu

 
Pangdam Udayana resmikan Pompa Hidram di Desa Tetebatu

OPSINTB.com - Panglima Kodam (Pangdam) IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) sekaligus meresmikan Pompa Hidram di Desa Tetebatu, Kecamatan Sikur, Lombok Timur. Acara peresmian berlokasi di depan Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) YPP Annashiriyah Tetebatu, pada hari Senin (13/9/2021).

Dalam sambutannya, Maruli menyampaikan, pihaknya akan terus-menerus membantu apa yang dibutuhkan oleh masyarakat banyak. Hingga saat ini pihaknya telah membuat 151 Pompa Hidram di area Bali-Nusra, dan akan membangun sekitar 50 Pompa Hidram lagi dalam waktu dekat. 

Hadirnya Pompa Hidram tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk keperluan lainnya, seperti untuk memenuhi kebutuhan pertanian maupun peternakan. Dalam hal ini, pemerintah pusat juga mendukung penuh aksi yang digalakkan oleh Kodam IX/Udayana. 

Untuk itu, dia berharap agar airnya bisa terkelola dengan sebaik-baiknya. Sehingga ke depan Indonesia bisa menjadi lumbung pangan. Dia juga berterimakasih kepada masyarakat yang telah bergotong royong.

"Saya sejak awal mengikhtiarkan untuk membantu masyarakat dengan konsep ramah anggaran. Sebab, Pompa Hidram tidak memakan biaya terlalu banyak," katanaya.

Ia juga menyampaikan, pada tahap awal pembuatan Pompa Hidram ini belum terlalu dilirik oleh beberapa kalangan pemerintah. Namun setelah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas, maka sejak itulah pemerintah pusat mendukung penuh pembuatannya.

"Kita akan usahakan Pompa Hidram ini dibangun di semua kabupaten, agar seluruh masyarakat bisa merasakan manfaatnya supaya masyarakat tidak ada lagi yang kesulitan mendapatkan air," jelasnya. 

Sementara itu, salah seorang warga setempat, Inak Neni mengaku bahwa selama ini masyarakat setempat turun naik mengambil air yang beratnya sekitar 10 liter, bahkan lebih. 

"Dengan adanya pompa ini tentu kami tidak turun naik lagi mengangkut air yang rata-rata beratnya itu sekitar 10 liter. Terimakasih banyak Bapak TNI, karena kami tidak capek lagi memikul air dari bawah ke atas," ungkap Inaq Neni di hadapan Pangdam IX/Udayana. 

Dan di sisi lain, warga lainnya juga menuturkan, selama ini air di Desa Tetebatu sangat banyak namun justru dimanfaatkan oleh orang lain. Ditambah lagi ketika menghadapi musim kemarau, warga merasa semakin kesulitan mendapatkan air. 

"Kami di sini tentu akan memanfaatkan Pompa Hidram ini dengan sebaik-baiknya dan akan menjaganya, karena ini merupakan kebutuhan kami juga di sini," ucap Atharuddin sembari mengucapkan terimakasih kepada TNI. 

Tak hanya meresmikan Poma Hidram, setelah dari Desa Tetebatu, Pangdam IX/Udayana bertemu dengan Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy yang ditemani pejabat Forkominda lainnya seperti Kapolres Lotim, Sekda, Ketua DPRD, dan Kajari Lotim.

Dalam pertemuan tersebut, Pangdam IX/Udayana membahas tentang sinergitas penanganan Covid-19 yang dilaksanakan oleh Polri-TNI. Serta mengarahkan agar kolaborasi antara pemerintah, TNI, dan Polri tetap terjalin guna mengatasi persoalan air bersih di Lotim. 

Usai pertemuan dengan jajaran Forkopimda Lotim, pangdam IX/Udayana juga memberikan arahan kepada anggota Kodim 1615/Lotim, kemudian menjenguk orang tua dari Alm. Praka Jaimudin yang merupakan anggota Paspampres untuk menjenguk orang tuanya yang sakit. 

Pada kesempatan tersebut, Pangdam IX/Udayana juga memberikan motivasi kepada orang tua Alm. Praka Jaimudin untuk rajin berobat dan berpesan kepada Danrem 162/WB serta Dandim 1615/Lotim apabila orang tua Alm. Praka Jaimudin sembuh untuk kemudian dibawa ke Kodam IX/Udayana. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama