Kisah pilu pensiunan TNI asal Lotim, sendiri berjuang melawan sakit - OPSINTB.com | News References -->

Rabu, 18 Agustus 2021

Kisah pilu pensiunan TNI asal Lotim, sendiri berjuang melawan sakit

Kisah pilu pensiunan TNI asal Lotim, sendiri berjuang melawan sakit

 
Kisah pilu pensiunan TNI asal Lotim, sendiri berjuang melawan sakit

OPSINTB.com - Seorang purnawirawan TNI asal Sukamulia, Lombok Timur, yakni Fredrik Makarawung kini hidup sebatang kara. Getir semangat saat dia masih memikul senjata, tidak lagi dirasakan.

Tubuhnya yang dulu kekar, kini sudah tidak berdaya. Penyakit hernia yang dialaminya, memaksa purnawirawan TNI Angkatan Darat itu lemas di pembaringan. Tepatnya di rumah sakit Lotim Medical Center (LMC).

"Saya sudah tiga hari di sini (LMC, red), kata purnawirawan usia 83 tahun itu, Rabu (18/8/2021).

Soal keceriaan, tidak tergambar dari raut wajahnya. Fredrik seolah tidak lagi memiliki keluarga. Istri sudah meninggal. Dan putra tunggalnya entah dimana. Karena itu, Fredrik hanya sendiri berjuang melawan sakit di atas pembaringan LMC. Tidak ada yang menemani. 

Nasib masa tua dan sakit yang dialaminya, kerap mengundang air matanya. Mengalir deras membasahi pipinya yang sudah mulai keriput tak berdaya.

Fredrik Makarawung berasal dari Sulawesi. Namun dia sudah bertugas di Pulau Lombok sejak tahun 1958. Dan pensiun tahun 1978. 

Kini Fredrik sudah menjadi warga Lombok Timur, tinggal di BTN Sukamulia. Di sana dia hidup sendiri. Tidak memiliki pekerjaan. Sebab sakit yang sudah lama dialami. Untuk menyambung hidup, dia hanya mengharapkan iba dari anak tirinya. Meski tidak pernah dibesuk ke rumah sakit, sama sekali. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama