Indah dan ramah lingkungan, DLHK NTB apresiasi Benteng Van Flower - OPSINTB.com | News References -->

Kamis, 05 Agustus 2021

Indah dan ramah lingkungan, DLHK NTB apresiasi Benteng Van Flower

Indah dan ramah lingkungan, DLHK NTB apresiasi Benteng Van Flower

 
Indah dan ramah lingkungan, DLHK NTB apresiasi Benteng Van Flower
 
OPSINTB.com- Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mengunjungi taman bunga Benteng Van Flower yang ada di Dusun Benteng, Desa Lendang Nangka Utara, Kecamatan Masbagik, Lombok Timur, Kamis (5/8/2021).

Dalam kunjungannya tersebut, DLHK memberi apresiasi kepada taman bunga Benteng Van Flower karena menggunakan media tanam ramah lingkungan.  

"Nantinya kita akan dorong media tanamnya tersebut agar bekerjasama dengan bank sampah yang berada di sekitar sini, maupun yang ada di Lombok Timur pada umumnya, yang berasal dari sampah organik berupa kompos. Karena dengan kompos tentu akan mengurangi penggunaan pupuk kimia," ucap Firmansyah, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Pencemaran pada DLHK NTB.

Untuk itu, ia akan mendorong supaya masyarakat semakin memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitarnya, terutama dalam hal pemanfaatan sampah.

Tak hanya itu, selain dikenal sebagai tempat bisnis bunga, Benteng Van Flower juga menyuguhkan keindahan alam yang ada di sekitarnya. Hal itu dibuktikan dengan pemandangan Gunung Rinjani yang nampak jelas dari Benteng Van Flower. 

"Konsep tempat ini sangat luar biasa, bukan hanya usaha tentang bunga tapi juga menggabungkan fisik bunga itu sendiri dengan nilai keindahan yang diperoleh dari alam sekitarnya. Saya berfikir ini akan menjadi salah satu tren nantinya, dimana usaha bunga dikembangkan tidak hanya satu jenis namun ada berbagai pilihan warna ini sangat menarik," ucapnya. 

Di tempat yang sama, Mahasiswi  Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Ilhana Aulia Rahmatin yang saat itu juga berkunjung ke Benteng Van Flower, mengaku kagum dengan taman bunga yang mengusung konsep ramah lingkungan tersebut. 

"Tempat ini sangat cocok dijadikan wisata keluarga karena ada nilai edukasinya, intinya bikin asyik," katanya.

Sementara itu, Owner Benteng Van Flower, Faisal berterimakasih kepada pihak DLHK NTB, karena sudah berkesempatan untuk meninjau konsep ramah lingkungan yang digunakan oleh taman bunga Benteng Van Flower. 

"Saya berterimakasih atas kunjungannya, semoga ke depan kita bisa membangun kolaborasi yang baik, dan utamanya kami berharap ini tidak menjadi kunjungan yang terakhir," ucapnya. 

Faesal berharap ke depannya, DLHK dan Benteng Van Flower mampu membangun sinergitas yang baik, terutama dalam pemanfaatan pupuk kompos yang bahan-bahannya dari olahan sampah. Kemudian dari pemanfaatan sampah itulah nantinya akan digunakan sebagai media tanam yang berkualitas. 

"Kita harapkan nantinya, kami mampu bekerjasama dengan bank sampah, seperti yang diharapkan oleh Pak Kabid LHK NTB. Karena persoalan sampah ini membutuhkan banyak orang, yang tidak bisa hanya mengandalkan satu atau dua orang saja," tutupnya. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama