Beberapa OPD Lotim belum capai target Serapan Anggaran - OPSINTB.com | News References -->

06/07/21

Beberapa OPD Lotim belum capai target Serapan Anggaran

Beberapa OPD Lotim belum capai target Serapan Anggaran

 
Beberapa OPD Lotim belum capai target Serapan Anggaran

OSPINTB.com - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam pencapaian target serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Semester 1 Tahun Anggaran 2021. 

Umumnya OPD telah mencapai target serapan anggaran yaitu minimal 40 persen. Hanya beberapa OPD saja yang capaiannya masih di bawah 40 persen, seperti Dinas Perindustrian, Peternakan dan Kesehatan Hewan, serta Dinas Pertanian.

Bupati, pada rapat koordinasi yang berlangsung Selasa (6/7/2021) tersebut menyoroti pula cukup besarnya perbedaan persentase realisasi belanja antara keuangan dan fisik pada sejumlah OPD, di mana realisasi fisik lebih besar dari keuangan. Ia mengakui realisasi fisik harus lebih besar akan tetapi marginnya diharapkan tidak terlalu jauh.

Data kontrak juga menjadi penekanan Bupati. Ditekankan, jika OPD sampai dengan batas waktu yang telah ditetapkan belum dapat mengunggah kontraknya, maka akan sangat merugikan karena tidak akan terealisasi. Batas waktunya adalah hingga 21 Juli mendatang. 

"Saya minta OPD lebih serius sehingga tidak merugikan masyarakat. Dan H-3 seluruh data kontrak dapat dirampungkan," tegasnya.

Untuk itu bupati mengajak seluruh pihak berkolaborasi menemukan penyebab dan kendalanya untuk diatasi bersama. 

"Inovasi dan kreativitas juga harus ditunjukkan OPD untuk menggenjot realisasi. Dengan demikian pada triwulan ke-3 mendatang realisasi APBD TA 2021 tetap menunjukkan tren positif," pungkasnya.

Sekretaris Daerah Lombok Timur, HM Juaini Taofik yang juga hadir pada kesempatan tersebut memberikan penekanan agar setiap OPD mengoptimalkan nilai uang yang ada hingga habis, sebab saat ini belanja pemerintah menjadi pendorong perputaran ekonomi masyarakat.

Berdasarkan data yang dipaparkan Kepala Bappeda, realisasi pendapatan sampai dengan 2 Juli mencapai 46,07 persen atau senilai lebih dari Rp 1,299 triliun lebih. Hanya saja dari sisi belanja realisasinya masih berada di angka 39,15 persen atau senilai Rp 1,221 triliun lebih. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama