Rakerda LPTQ Lombok Timur untuk sukseskan MTQ - OPSINTB.com | News References -->

26/06/21

Rakerda LPTQ Lombok Timur untuk sukseskan MTQ

Rakerda LPTQ Lombok Timur untuk sukseskan MTQ

 
Rakerda LPTQ Lombok Timur untuk sukseskan MTQ

OPSINTB.com - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy membuka Rapat kerja Daerah (Rakerda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Lombok Timur, Sabtu (26/6/2021).

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan, keberhasilan LPTQ memang kerap identik dengan prestasi pada MTQ, tentu ini menjadi harapan pemerintah dan masyarakat Lombok Timur. Bupati menekankan, prestasi yang sudah baik pada penyelenggaraan MTQ sebelumnya dapat ditingkatkan sampai di level maksimal.

Tuntutan tersebut terkait pula dengan penetapan Lombok Timur sebagai tuan rumah penyelenggaran MTQ tingkat Provinsi NTB. "Sebagai tuan rumah, harus dapat meraih juara umum," tegas Bupati. 

Karenanya, ia meminta LPTQ berkreasi dan berinovasi untuk melatih, mendidik, dan membina para qori/qoriah, hafiz/hafizah, dan mufassir/mufassirah. 

Di sisi lain Bupati mengakui prestasi pada MTQ bukan semata tanggung jawab LPTQ melainkan seluruh pihak, termasuk dukungan keluarga dan masyarakat, sumber daya manusia yang tersedia untuk dikembangkan dan ditingkatkan kapasitas serta kapabilitasnya.  

Dipesankan pula pentingnya peran tokoh dan pemuka agama. Bupati menilai keterlibatan para tokoh ini, baik langsung maupun tidak langsung, akan sangat berdampak signifikan terhadap penyiapan SDM yang potensial untuk dikembangkan dalam kaitannya dengan prestasi MTQ. 

Hal yang juga menjadi penekanan adalah pentingnya membuat masyarakat tertarik mempelajari Al-Quran, "Tidak saja seni membaca, atau teknik menulis, rumus untuk menghapal. Tapi lebih dalam lagi pada maknanya, pada keindahan isinya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata bupati.

"Hal tersebut juga selaras dengan tema penyelenggaraan Rakerda LPTQ kali ini yaitu 'Membumikan AL-Quran di Bumi Patuh Karya'," sambungnya.

Menyinggung persiapan pelaksanaan MTQ mendatang, Bupati meminta lokasi penyelenggaraan di daerah wisata sebagai bagian dari upaya mempromosikan daerah tersebut. Sehingga masyarakat provinsi NTB mengenal lebih banyak lagi kawasan-kawasan wisata yang potensial di daerah ini. 

Sementara itu Ketua Umum LPTQ Kabupaten Lombok Timur yang juga merupakan Sekretaris Daerah M Juaini Taofik dalam laporannya menyampaikan, Rakerda ini sebagai bagian dari upaya menyusun rencana kerja untuk pengembangan tilawatil quran di Lombok Timur. 

Diterangkannya, menyusul ditetapkannya Lombok Timur sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi NTB 2022 mendatang, dua hal yang menjadi target LPTQ selaku penyelenggara adalah sukses meraih juara umum dan sukses sebagai tuan rumah. 

Penyelenggaraan di Lombok Timur diharapkan bisa menghadirkan suasana baru. Di samping membumikan Al-quran, diharapkan pula penyelenggaraannya dapat membawa semangat kebangkitan bagi Lombok Timur khususnya dan NTB umumnya, yaitu bangkit dari covid-19, tidak saja di sektor kesehatan tetapi juga di sektor ekonomi, pariwisata dan sektor-sektor lainnya

"Merumuskan program kerja tidak selalu mudah, akan tetapi yang lebih tidak mudah lagi adalah menepati dan menjalankannya. Namun begitu, dukungan Pemda Lombok Timur dipastikan dapat mendorong kinerja dewan pengurus LPTQ," pungkasnya. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama