KYLS, wadah belajar bagi Youtuber di Lombok Timur - OPSINTB.com | News References -->

Jumat, 04 Juni 2021

KYLS, wadah belajar bagi Youtuber di Lombok Timur

KYLS, wadah belajar bagi Youtuber di Lombok Timur

 
KYLS, wadah belajar bagi Youtuber di Lombok Timur

OPSINTB.com - Komunitas Youtuber Lombok Selatan (KYLS) menjadi wadah perkumpulan content creator yang ada di NTB, khususnya Lombok Timur. 

Ketua KYLS, Lalu Fajri menjelaskan, Komunitas yang sudah terbentuk selama 2 tahun itu tidak sekedar menjadi tempat berkumpul. Namun, KYLS menjadi wadah belajar antar sesama content creator. Bahkan, saat ini KYLS menjadi wadah belajar bagi content creator yang baru belajar.

"InsyaAllah KYLS mampu menampung kawan-kawan pengangguran yang InsyaAllah dengan menjadi content creator, bisa mendapatkan penghasilan tetap," kata AJR sapaan akrab Lalu Fajri, Jumat (4/6/2021).

Masih kata dia, content creator yang tergabung dalam YKLS  mengangkat masalah explore wisata. Termasuk adat dan budaya Sasak, seperti prosesi sorong serah, pembayun, presean, nyongkolan, gendang belek, wayang kulit, drama rudat, kecimol, situs budaya, dan masalah budaya lainnya. 

"Ada juga yang mengangkat cerita Sasak zaman dahulu. Dan sebagian besar karya-karya musik Sasak yang menghiasi blantika musik Sasak terlahir dari KYLS," kata AJR.

Dengan begitu, sambungnya, KYLS secara tidak langsung ikut andil dalam pembangunan daerah, dengan cara memperkenalkan kekayaan alam serta budaya yang ada di Gumi Sasak ini ke luar daerah, bahkan luar negeri. 

Berdasarkan traffic Youtube, hasil karya puluhan anggota KYLS sudah ditonton hingga ke luar negeri, penontonnya mencapai 30 persen. Seperti dari Hongkong, Singapura, Malaysia, Arab, dan negara lainnya. 

"Kami juga secara tida langung menjadi promotor wisata yang ada di NTB. Sekarang organisasi ini bukan hanya di Lombok Timur, di Luar Lombok Timur juga ada," pungkasnya. 

Ke depan, Fajri berharap KYLS tetap eksis, dan bisa dikenal lebih luas dengan anggota yang lebih banyak pula. Sehingga semakin banyak masyarakat yang bisa berkarya dan menggantungkan hidupnya dengan menjadi content creator yang berpenghasilan tetap. "Sesuai semboyan kami. Yakni KYLS berkarya, KYLS Suraaak," tutup AJR. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama