Bupati Lombok Timur kembali sorot PAD dan BUMDes - OPSINTB.com | News References -->

24/05/21

Bupati Lombok Timur kembali sorot PAD dan BUMDes

Bupati Lombok Timur kembali sorot PAD dan BUMDes

 
Bupati Lombok Timur kembali sorot PAD dan BUMDes

OPSINTB.com - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy kembali menekankan optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dia menilai dua pos retribusi di Jenggik dan Sukaraja kurang optimal.

Hal tersebut disampaikan bupati pada rapat koordinasi bersama seluruh camat dan sejumlah OPD lingkup Pemkab Lombok Timur, Senin (24/5/2021) di Ruang Rapat Bupati.

Terkait PAD, bupati meminta Badan Pendapatan Daerah (Bappenda) dan pihak terkait lainnya dapat melakukan pengkajian lebih lanjut untuk memaksimalkan PAD. Hal tersebut didasari pemikiran bahwa keberadaan dua pos yang ada hanya melakukan penarikan terhadap MBLB yang keluar dari wilayah Lombok Timur semata. Padahal MBLB tersebut dimanfaatkan pula di dalam wilayah Lombok Timur. 

"Kami minta pelibatan kecamatan dan desa untuk bertanggung jawab melakukan pengawasan, di samping pembagian hasil pajak/ retribusi secara proporsional," imbau bupati.

Selain optimalisasi PAD, Sukiman juga menekankan kembali penguatan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai supplier BPNT. Ia melihat agen e-warong masih banyak yang tidak memanfaatkan potensi dan produksi yang ada di wilayah Lombok Timur. 

Pelibatan BUMDes diharapkan dapat lebih memaksimalkan penyerapakn produk lokal Lombok Timur dan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat penerima (KPM). 

"Saya akan melihat secara langsung operasional agen e-warong dari segi pelayanan maupun kelayakannya sebagai bahan evaluasi," imbuhnya.

Pada kesempatan itu pula, Bupati menyampaikan bahwa Lombok Timur kembali mendapat bantuan tiga unit bus yang diharapkan dapat dimanfaatkan warga Sembalun, Jerowaru, dan Sambelia. 

Selain Camat, sejumlah pimpinan OPD seperti BKPSDM, PMD, LHK, dan PUPR juga hadir pada rakor tersebut. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama