Kunjungan Menteri KKP bawan angin segar untuk Budidaya Lobster Lombok - OPSINTB.com | News References -->

Rabu, 24 Maret 2021

Kunjungan Menteri KKP bawan angin segar untuk Budidaya Lobster Lombok

Kunjungan Menteri KKP bawan angin segar untuk Budidaya Lobster Lombok

 
Kunjungan Menteri KKP bawan angin segar untuk Budidaya Lobster Lombok

OPSINTB.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI berkunjungan ke Dermaga Telong-elong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Rabu (24/3/2021) wita.

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau potensi perikanan dan pembudidayaan lobster oleh masyarakat Lombok Timur

Menteri KKP RI, Sakti Wahyu Trenggono dalam sambutannya di Desa Telong-elong memberi angin segar untuk Budidaya Lobster Lombok. Ia berjanji akan membangun fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat, terkait dengan pembibitan lobster.

"Kita akan bangun semua fasilitas yang dibutuhkan, dan ke depannya kita juga akan ekspor lobster konsumsi," katanya.

Sedangkan untuk bayi lobster, ia menegaskan tidak akan diekspornya. Namun itu nantinya dijual ke masyarakat untuk dijadikan pembibitan lobster konsumsi.

Ia juga katakan, nantinya Lombok akan dijadikan salah satu pusat untuk budidaya lobster. Hal itu tentunya membutuhkan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur.

"Budidaya lobster ini juga sudah mendapat dukungan dari Gubernur NTB," ucapnya.

Oleh sebab itulah, ke depan pihaknya selain akan membangun infrastruktur di Lombok, juga akan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam budidaya lobster tersebut.

Bahkan katanya, nantinya seluruh pembudidaya lobster itu akan dibuatkan seragam khusus. Agar para pembudidaya lobster di Lombok bisa lebih berkembang di masa mendatang.

Selain itu, pihaknya juga akan membangun pos pengaduan yang berfungsi sebagai sistem pengawasan kepada masyarakat, supaya budidaya lobster tetap marketable di pasaran skala nasional dan internasional.

"Apabila para pembeli ada yang tidak sesuai standar harga, maka bisa dilaporkan kepada kementerian melalui pos yang telah disiapkan," tandas Menteri. (zaa)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama