Dukung Kampung Sehat NTB jilid 2, Seruni jadi Kampung Tertib Lalin di Lotim - OPSINTB.com | News References -->

24/03/21

Dukung Kampung Sehat NTB jilid 2, Seruni jadi Kampung Tertib Lalin di Lotim

Dukung Kampung Sehat NTB jilid 2, Seruni jadi Kampung Tertib Lalin di Lotim

 
Dukung Kampung Sehat NTB jilid 2, Seruni jadi Kampung Tertib Lalin di Lotim

OPSINTB.com - Salah satu program Korlantas Polri, Kampung Tertib Lalu Lintas (Lalin) menjadi pedoman Satlantas Polres Lombok Timur (Lotim) menunjuk Lingkungan Seruni menjadi Kampung Tertib Lalin.

Program ini menilai suatu wilayah yang mendukung dari sarana, prasarana, dan peran masyarakat untuk tertib berlalu lintas. Dengan terpenuhinnya faktor-faktor tersebut, Lingkungan Seruni juga turut mendukung Program Kampung Sehat NTB jilid 2.

Lingkungan Seruni memiliki beberapa sarana yang mendukung program Kampung Lalu Lintas yaitu memiliki kondisi jalan pemukiman yang sudah diaspal dengan kodisi terawat baik, tersedia jalur sepeda dan jalur khusus pejalan kaki, adanya ruang publik terbuka untuk anak-anak bermain yang betujuan agar anak-anak tidak bermain di ruas jalan.

Prasarana yang dilengkapi oleh Lingkungan Seruni juga mendukung Program Kampung Lalu Lintas, antara lain tersediannya rambu-rambu lalu lintas yang memadai dan dengan jumlah yang cukup banyak sebagai tanda ditegakkannya aturan lalu lintas di wilayah ini, terdapat penerangan jalan yang memadai saat malam hari.

Selain itu, adanya spanduk dan baliho tentang keamanan dan keselamatan dalam berkendara di wilayah pemukiman ini sebagai pengingat masyrakat saat hendak berkendara, dan adanya perpustakaan yang menyediakan berbagai macam buku buku aturan berlalu lintas sebagai wadah anak-anak belajar dan membaca serta menyediakan E-Perpustakaan.

Inovasi E-Perpustakaan juga ditonjolkan oleh Lingkungan Seruni. Inovasi ini berupa E-book yang ditautkan berupa Barcode. Tidak dipungkiri anak-anak jaman sekarang telah memiliki alat komunikasi berupa HP Berbasis android dan juga bisa menggunakan HP orangtua saat hendak belajar. 

Sehingga apabila ada judul buku yang hendak mereka baca namun sedang dipinjam rekannya, anak bisa dengan mudah men-scan barcode yang ada diperpustakaan dan langsung otomatis membuka folder ebook di google drive. 

Ketua RT 01 Lingkungan Seruni, Lalu Muh Asli menyampaikan, Rabu (24/3/2021), "Anak-anak di lingkungan kami sangat terbantu dan menjadi senang membaca dengan adanya perpustakaan serta E-perpustakaan berupa barcode tersebut. Kami (Masyarakat Lingkungan Seruni) berharap anak-anak di Lingkungan ini mengenal peraturan khususnya peraturan berlalu lintas sedari dini." 

Masyarakat Lingkungan Seruni juga turut mendukung adanya predikat Kampung Tertib Lalu Lintas ini setelah adanya beberapa sosialisasi yang dilaksanakan oleh Satlantas Polres Lombok Timur kepada warga. 

Warga sadar akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara. Warga Lingkungan Seruni juga bersepakat untuk berpartisipasi dengan menempelkan  aturan (awig-awig) yang disepakati oleh seluruh warga untuk memiliki SIM bagi pengendara, membawa STNK , juga kelengkapan pengaman seperti Helm dan Sabuk Pengaman. Serta aturan untuk mematuhi protokol kesehatan saat keluar rumah.

Kasat Lantas Lombok Timur, AKP Putu Gde Caka menegaskan, Satlantas Lotim menunjuk Lingkungan Seruni sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas karena melihat lingkungan ini sangat tertata, dan masyarakatnya selalu tertib berlalu lintas. 

"Semoga dengan diberikannya predikat Kampung Tertib Lalu Lintas ini membuat Lingkungan Seruni mempertahankan dalam mematuhi peraturan lalu lintas. Serta mengajak wilayah lainnya di Lombok Timur untuk menata lingkungkannya dan megajak warganya untuk tertib berlalu lintas seperti Lingkungan Seruni," harapnya. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama