RSUD Lombok Timur siap melayani peserta BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja - OPSINTB.com | News References -->

10/02/21

RSUD Lombok Timur siap melayani peserta BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja

RSUD Lombok Timur siap melayani peserta BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja

 
RSUD Lombok Timur siap melayani peserta BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja

OPSINTB.com - Terhitung 1 Februari 2021 masyarakat Lombok Timur peserta BPJS Kesehatan sudah dapat dilayani di UPT RSUD Lombok Timur di Labuhan Haji. Hal ini berkat kerja sama dengan BPJS kesehatan. 

Demikian pula dengan layanan Jasa Raharja. Kerja sama RSUD Lombok Timur dengan BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja tersebut diresmikan pada Rabu (10/2/2021) oleh Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy. 

Bupati dalam sambutannya pada acara peresmian tersebut menyampaikan, Pemerintah Daerah Lombok Timur terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat. Hal ini sebagai salah satu langkah memperbaiki kualitas SDM dan posisi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lombok Timur. 

Selain meningkatkan status BLUD RSUD dr R Soedjono Selong menjadi tipe B, Bupati menegaskan upaya menambah fasilitas rujukan dengan keberadaan Rumah Sakit di Keruak dan Aikmel. Karena itu ia meminta sarana serta SDM pendukung segera disiapkan, "Mewujudkan pelayanan mantap, semua harus mantap!" tegas Bupati.

Ditambahkan Bupati, berdasarkan data BPJS Kesehatan saat ini jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Lombok Timur mencapai 891.716 jiwa dan peserta JKN mandiri sebanyak 79.859 jiwa yang dilayani di 35 Puskesmas sebagai layanan primer dan RSUD Selong sebagai layanan sekunder. 

"Berdasarkan data tersebut jumlah peserta JKN di daerah ini adalah  971.305 jiwa atau 78%. Untuk mencapai universal coverage masih ada 267.694 jiwa yang belum tercakup," imbuhnya.

Bupati berharap kerja sama ini berhasil mendorong peningkatan kepesertaan BPJS kesehatan secara signifikan, karena pelayanan yang semakin optimal. Tentunya diikuti pelayanan yang lebih baik dari BPJS kesehatan. 

Harapan sama juga disampaikan bagi Jasa Raharja. Diingatkan Bupati bahwa  tuntutan pelayanan masyarakat dari waktu ke waktu akan terus meningkat seiring perkembangan zaman. Peningkatan kualitas kerja sama dengan dua pihak tersebut menjadi harapan Bupati, tentunya melalui komunikasi dan koordinasi yang baik. 

"Semuanya semata untuk pelayanan terbaik bagi masyarakat, khususnya di Lombok Timur," tutupnya.

Pemerintah Kabupaten Lombok Timur menargetkan RSUD Lombok Timur menjadi rumah sakit rujukan tipe C, sehingga diharapkan berbagai kekurangan pendukungnya dapat segera diajukan. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama