Banjir rendam dua kecamatan di Dompu - OPSINTB.com | News References -->

24/02/21

Banjir rendam dua kecamatan di Dompu

Banjir rendam dua kecamatan di Dompu

 
Banjir rendam dua kecamatan di Dompu

OPSINTB.com - Hujan deras dengan intensitas cukup tinggi mengakibatkan banjir di dua wilayah yakni Kecamatan Dompu dan Woja, Kabupaten Dompu, Selasa (23/2/2021) sekira pukul 18.10 Wita.

Di kecamatan Dompu, banjir tersebut meluap hingga menggenangi pemukiman warga, Lingkungan di Kampung Samporo, Lingkungan Bali Timur, Kota Baru dan Mantro, Kelurahan Bali Satu, Kecamatan Dompu.

Mendapat laporan warga, jajaran Polsek Dompu dipimpin oleh Kapolsek, Aipda I Kadek Suadaya, langsung turun melakukan monitoring, mengidentifikasi rumah-rumah warga yang terdampak cukup parah hingga membantu warga melakukan evakuasi terhadap barang-barang milik warga.

Paur Subbag Humas Polres Dompu, Iptu Hujaifah mengatakan, dari hasil pantauan di lokasi, kondisi tanggul yang relatif lebih rendah, menjadi salah satu pemicu arus banjir sehingga dengan mudah meluap masuk ke pemukiman warga. 

"Sementara itu, ketinggian luapan air di perkirakan, setinggi paha orang dewasa dan air yang meluap menggenangi hingga masuk kedalam sebagian rumah warga," ungkanya.

Terkait dengan dampak, pihak Polsek Dompu tengah melakukan identifikasi maupun pendataan awal untuk mendapatkan data jumlah rumah yang rusak parah, juga berkaitan dengan tingkat kerugian yang diakibatkan oleh bencana banjir ini.

Hingga sekira pukul 19.54 wita, debit air masih mengalir, menggenangi bahkan sampai ke akses jalan, gang dan pekarangan rumah warga meskipun sudah mulai surut.

Sementara di kecamatan Woja, kondisinya jauh lebih parah, memaksa seluruh personil Kepolisian Sektor Woja diturunkan untuk melakukan monitoring sekaligus mengevakuasi warga yang dilanda banjir bandang di 3 desa dan kelurahan.

"Kanjir yang diakibatkan oleh tingginya intensitas curah hujan, menyebabkan air meluap menggenangi rumah warga dengan ketinggian mencapai 1.5 meter," kata Hujaifah. 

Desa Wawonduru misalnya, tepatnya di Dusun Rato Baka, ketinggian banjir 1 Meter dan menggenangi setidaknya ada 110 rumah dan tidak kurang dari 560 jiwa terdampak. 

Sementara di kelurahan Kandai Dua, tepatnya di lingkungan Polo, Lingkungan Kandai Dua Timur dan lingkungan Kandai Dua Barat ketinggian air mencapai 1 meter menjangkau lebih dari 500 rumah tergenang air. 

Sedangkan di kelurahan Simpasai, lokasi yamg terdampak banjir yakni di Lingkungan Bali Dua dan Lingkungan Mangge Maci dengan ketinggian mencapai 1-1.5 meter. Di lokasi ini ada sekitar 120 Rumah (120 KK) dan juga lebih dari 500 jiwa ikut terdampak banjir.

Hingga pukul 22.00 Wita, air tampak mulai surut, beberapa warga tampak memindahkan kembali barang-barang yang sempat dievakuasi. Namun, beberapa warga yang lokasi rumahnya berada di bantaran sungai, masih dilakukan pemantauan untuk mendapatkan informasi terkait dampak kerusakan yang dialaminya.

Untuk mendapatkan laporan terkait perkembangan situasi banjir, jajaran Kepolisian Sektor Dompu dan Woja yang diturunkan intens melakukan koordinasi baik dengan Bhabinkamtibmas, babinsa, tokoh masyarakat, dan pihak terkait.  

"Kami menghimbau agar warga yang terdampak, tetap waspada dan berjaga-jaga untuk mengantisipasi timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian, penjarahan dan sejenisnya. Apabila menemukan hal demikian, kiranya dapat segera dilaporkan pada petugas," pungkah Hujaifah. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama