Tekan angka kematian ibu, Pemdes Pringgasela Timur gelar donor darah - OPSINTB.com | News References -->

Rabu, 13 Januari 2021

Tekan angka kematian ibu, Pemdes Pringgasela Timur gelar donor darah

Tekan angka kematian ibu, Pemdes Pringgasela Timur gelar donor darah

 
Tekan angka kematian ibu, Pemdes Pringgasela Timur gelar donor darah

OPSINTN.com - Guna menekan Angka Kematian Ibu (AKI), Pemerintah Desa (Pemdes) Pringgasela Timur, Kecamatan Pringgasela menggelar kegiatan donor darah, Selasa (12/1/2021) di Gedung Sanggar Budaya desa setempat. 

Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Puskesmas Pringgasela Utama dan Palang Merah Indonesia (PMI), serta melibatakan beberapa lembaga desa, seperti BPD, LKMD, LSD, Karang Taruna dan komunitas pemuda dusun.

Meski kegiatan baru pertama kali digelar di Desa Pringgasela Timur, namun sudah banyak mendapat dukungan dari masyarakat dan pemuda setempat. Bahkan kegiatan berlangsung lancar dan berhasil menyumbang puluhan kantong darah. 

Bidan Pendamping Puskesmas Pringgasela Utama, Marlia mengungkapkan, kegiatan seperti ini sudah seharusnya digalakkan di Desa Pringgasela Timur, mengingat banyaknya komunitas pemuda yang kemudian bisa diajak bersinergi dalam upaya penyelamatan ibu hamil, menyusui dan, ibu melahirkan. 

Sebab, lanjutnya, satu ibu melahirkan harus mempunyai empat calon pendonor pendamping yang sewaktu-waktu ketika dibutuhkan akan cepat diakses. "Sehingga langkah cepat dalam aksi penyelamatan ibu melahirkan bisa sistematis dan dan tepat untuk memastikan ibu melahirkan selamat dan sehat," kata Marlia.

Kepala Desa Pringgasela Timur, Muhammad Sabri sangat mengapresiasi kegiatan ini bahkan ikut mensosialisasikan kemasyarakat tentang manfaat donor darah untuk kesehatan tubuh.

"Donor darah juga salah satu upaya untuk beramal dan memeberikan manfaat untuk orang lain, sehingga ke depan semoga banyak masyarakat dan pemuda sadar akan pentingnya donor darah, dan bisa tergerak untuk membantu menyumbangkan darah untuk orang-orang yang  membutuhakn terutama ibu hamil, menyusii dan melahirkan," pungkasnya. (nen)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama