Sukiman imbau kepala OPD dan Camat lebih transparan - OPSINTB.com | News References -->

13/01/21

Sukiman imbau kepala OPD dan Camat lebih transparan

Sukiman imbau kepala OPD dan Camat lebih transparan

 
Sukiman imbau kepala OPD dan Camat lebih transparan

OSPINTB.com - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy mengingatkan agar kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta Camat har lebih berhati-hati dalam pelaksanaan berbagai kegiatan. Hal tersebut guna menghindari jeratan hukum. 

"Aspek akuntabilitas dan transparansi sudah semestinya diutamakan selain komunikasi dan koordinasi yang baik," kata Bupati pada Rapat Koordinasi bersama Kejaksanaan Negeri Lombok Timur, Rabu (13/1/2021) di Rupatama 1 Kantor Bupati.

Wakil Bupati, H Rumaksi Sj yang hadir pada rapat itu juga mengingatkan pentingnya komunikasi, utamanya terkait kerja sama dengan Kejaksaan Negeri Lombok Timur untuk pendampingan berbagai program pembangunan di daerah ini. 

Meski begitu Wabup menekankan agar para pimpinan OPD tidak melihat kerja sama ini sebagai unsur yang menyebabkan menggampangkan perkara perdata maupun tata usaha negara. "kerja sama ini harus dimanfaatkan melalui pendampingan untuk mencegah terjadinya kasus hukum," imbuh Rumaksi.

Hal senada disampaikan Kepala Kejaksanaan Negeri Lombok Timur, Irwan Setiawan Wahyuhadi. Ia mengingatkan agar para pelaksana tidak melaksanakan kegiatan atau program yang dinilai bertentangan dengan peraturan perundangan. 

Ia bahkan menyarankan agar pelaksana dapat memberikan masukan kepada pimpinan sehingga dapat terhindar dari kasus hukum. Terlebih untuk kasus korupsi jangka waktunya (kedaluwarsa) kasus mencapai 18 tahun.

"Kerja sama Pemda Kabupaten Lombok Timur dengan Kejaksanaan Negeri Lombok Timur telah berhasil menyelamatkan sejumlah kekayaan negara dan aset melalui pendampingan fisik dan non fisik di berbagai bidang, mulai dari kesehatan, irigasi, maupun infrastruktur lainnya," kata Irwan.

Namun disayangkan sejumlah OPD masih bersifat pasif dan segan untuk berkomunikasi dengan pihak kejaksaaan negeri Lombok Timur. Karenanya Kejaksaan Negeri menyediakan pelayanan publik secara daring untuk semua bidang yang ada di Kejaksaan. 

Kegiatan ini dihadiri kepala OPD dan camat se-Lombok Timur. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama