Lombok Timur terpilih menjadi pilot project Sekolah Penggerak - OPSINTB.com | News References -->

26/01/21

Lombok Timur terpilih menjadi pilot project Sekolah Penggerak

Lombok Timur terpilih menjadi pilot project Sekolah Penggerak

 
Lombok Timur terpilih menjadi pilot project Sekolah Penggerak

OPSINTB.com - Lombok Timur menjadi satu dari dua Kabupaten/kota yang terpilih melaksanakan program Sekolah Penggerak di NTB. Program untuk akselerasi kemajuan pendidikan di seluruh Indonesia ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Pemerintah Daerah.

Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy pada acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Pendidikan yang dilakukan secara terpisah itu berharap, agar MoU ini dapat segera direalisasikan. "Sehingga pada Februari mendatang program ini sudah bergerak secara masif di Lombok Timur," harap Bupati.

Program ini, menurut Bupati, penting mendukung upaya peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) yang terus diupayakan pemda.

Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi NTB, Mohamad Mustari yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan pada Februari mendatang program Sekolah Penggerak ini akan di-launching. 

Dijelaskannya bahwa sekolah penggerak sebagai program prioritas kementerian pendidikan dan kebudayaan dilaksanakan di 34 Provinsi dengan tak kurang dari 2500 sekolah di 110 kabupaten/kota sebagai pilot project.

Mustari menyambut baik komitmen Pemda kabupaten Lombok Timur terkait sekolah penggerak ini. Ia berharap adanya sosialisasi untuk seleksi Kepala Sekolah yang akan terlibat dalam program sekolah penggerak. "Jumlah sekolah nantinya akan bergantung pada hasil seleksi," jelasnya.

Sementara itu kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur, Ahmad Dewanto hadi menyampaikan, Lombok Timur merupakan kabupaten dengan jumlah guru penggerak terbanyak di Indonesia. 

Sekolah Penggerak merupakan pelengkap keberadaan guru penggerak. Diharapkan program tersebut menjadi bagian dari akselerasi kemajuan pendidikan di daerah ini. Ia meyakini Lombok Timur memberi sumbangan besar terhadap kondisi di NTB.

Penandatangan MoU yang berlangsung Selasa (26/1) di Ruang Rapat Bupati ini dihadiri pula Dewan Pendidikan dan jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama