Wakil Ketua Dewan Pers tutup kegiatan UKW di Lotim, 18 wartawan lulus - OPSINTB.com | News References -->

Sunday, December 13, 2020

Wakil Ketua Dewan Pers tutup kegiatan UKW di Lotim, 18 wartawan lulus

Wakil Ketua Dewan Pers tutup kegiatan UKW di Lotim, 18 wartawan lulus

 
Wakil Ketua Dewan Pers tutup kegiatan UKW di Lotim, 18 wartawan lulus

OPSINTB.com - Wakli Ketua Dewan Pers, Hendri Chairudin Bangun resmi menutup kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lombok Timur, Sabtu (12/12/2020).

Sebelumnya, kegiatan UKW dibuka langsung oleh Wakil Bupati Lombok Timur, H Rumaksi Sj.

UKW yang diselenggarakan sejak tanggal 11-12 Desember di Green Orry Inn Desa Tete Batu Selatan itu diikuti oleh 18 wartawan yang bertugas meliput di Lombok Timur. "Semuanya dinyatakan berkompeten (lulus, red)," kata Hendri pada sambutaanya saat acara penutupan.

Dia mewakili Dewan Pers berharapa, dengan adanya UKW ini wartawan lebih profesional dalam menjalankan tugasnya di lapangan. Patuh terhadap UU Pers, Kode Etik Jurnalistik, pedoman pemberitaan media siber, dan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA). Sebab, masyarakat semakin kritis terhadap pers. Ini terbukti dengan semakin tingginya pengaduan masyarakat terhadap pemberitaan. 

"Jangan sampai beritanya diadukan. Tapi kami jarang terima pengaduan dari NTB. Yang banyak itu di Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Kepualauan Riau," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan apresiasi kepada PWI Lombok Timur karena pertama kali menyelenggarakan UKW. "Lotim pertama adakan UKW, Kami anggap sukses karena sebagai pemula," katanya.

Ia berharap, PWI Lombok Timur khususnya, bisa terus menyelenggarakan UKW setiap tahunnya. Tidak lain, hal ini dilakukan agar wartawan semakin berkompeten di bidangnya.

"Insyallah tahun depan kami kembali menyelenggarakan UKW untuk tingkat Madia dan Utama," kata Ketua PWI cabang NTB, H Nasruddin dalam sambutannya.

Dengan terlaksananya UKW ini, Nasruddin berharap agar wartawan lebih profesional dalam menebar kebaikan melalui tulisannya, dengan tetap mengedepankan prinsip kesantunan dalam berfikir. Sebab, wartawan yang santun dalam menjalankan tugasnya, karyanya pasti dihormati. 

"Ketika karya dihormati maka anda akan menjadi berwibawa dengan keilmuan itu. Oleh sebab itu, kesantunan berada di depan keilmuan," ungkapnya.

Hal senada disampikan Ketua PWI Lombok Timur, Ratna Dewai, "Setelah UKW semoga menjadi wartawan berkompeten, melahirkan karya-karya yang membangun namun tetap mematuhi Kode Etik Jurnalistik." 

UKW yang diselenggarakan ke empat di NTB dan pertama di Lombok Timur itu menghadirkan 3 orang penguji. Yakni Hendri Chairudin Bangun, Dwikora Putra, dan Emanuel Dewata Oja. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama