Pandemi Covid-19 lahirkan guru-guru Youtuber - OPSINTB.com | News References -->

Tuesday, December 22, 2020

Pandemi Covid-19 lahirkan guru-guru Youtuber

Pandemi Covid-19 lahirkan guru-guru Youtuber

 
Pandemi Covid-19 lahirkan guru-guru Youtuber

OPSINTB.com - Pandemi Covid-19 yang belum juga mereda, membuat sebagian besar siswa di tanah air harus melangsungkan pembelajaran jarak jauh secara online. Sekarang, sistem ini lebih dikenal dengan sekolah online.

Sebuah sistem pembelajaran yang  terasa sangat berbeda. Dan, sistem pembelajaran baru ini memaksa guru dan siswa harus beradaptasi. Termasuk orang tua siswa. 

Namun siapa sangka, sistem sekolah online justeru melahirkan guru-guru youtuber. Kebiasaan membuat dan merekam video pembelajaran jarak jauh untuk siswa mereka, membuat banyak guru tertarik dengan dunia youtube. Seperti yang dialami salah seorang guru MIN 2 Lombok Tengah, Abdul Aziz Syatori. 

Awalnya, ia sekedar menunaikan kewajibannya sebagai guru, membuat video pembelajaran jarak jauh untuk diunggah ke youtube sebagai bahan pembelajaran muri-muridnya.

Tetapi seiring waktu, Aziz merasa tertarik dengan dunia youtube. Bahkan, meski proses pembelajaran tatap muka kembali dibuka, ia selalu mengunggah konten/video menarik lainnya. Di antaranya konten dakwah dan hobi.

"Ternyata menjadi youtuber itu menyenangkan. Bisa sebagai ladang dakwah, berbagi ilmu pengetahuan, dan pengalaman," ucapnya saat diskusi soal youtube, Selasa (22/12/2020).

Untuk itu, dia mengaku akan serius menggeluti dunia youtube. Keseriusannya ditunjukkan dengan berbagai peralatan youtube yang mulai dicicil. Bahkan Aziz berencana membuat studio mini di kediamannya di Kelurahan Kelayu Jorong, Kecamatan Selong.

"Menjadi youtuber juga tidak mengganggu pekerjaan utama saya sebagai guru. Saya membuat konten youtube saat ada waktu luang," imbuhnya.

Saat ini, channel youtube yang diberi nama Rohmana TV itu sudah mempunyai subscriber sebanyak satu ribu lebih. Melihat jumlah subscribernya yang terus bertambah, semakin menggugah semangatnya menjadi youtuber.

Pengalaman yang sama dialami olah Safari, salah seorang guru MTs Mu'allimat NW Pancor. Awalnya ia membuat video pembelajaran untuk anak didiknya di masa pandemi ini. Bahkan ia juga membantu guru-guru setempat membuat video pembelajaran, lalu diunggah ke akun youtube miliknya, yakni Bale Belajar Lombok.

Safari mengaku mengenal youtube lebih dalam di masa pandemi ini. Termasuk cara mengambil dan mengedit video, hingga keuntungan dolar yang bisa diperoleh dari youtube. 

Kebiasaan membuat dan mengunggah video di channel-nya, justeru menjadikan hobi baru bagi ayah 4 anak itu. Bahkan rekan-rekan seprofesinya banya yang mulai tertarik menjadi youtuber. "Tapi tetap kita mengutamakan kewajiban kita sebagai guru," pungkasnya. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama