Kodim Lotim gelar latihan penanggulan bencana alam - OPSINTB.com | News References -->

04/11/20

Kodim Lotim gelar latihan penanggulan bencana alam

Kodim Lotim gelar latihan penanggulan bencana alam


Prajurit TNI kepung Lapangan Tanjung Labuhan Haji

OPSINTB.com - Ratusan personel gabungan Kodim 1615/Lotim terlihat melakukan upaya penyelematan dan evakuasi korban gempa bumi di lapangan Tanjung, Dusun Karang Bedil, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Labuhan Haji, Lombok Timur, Rabu 4/11/2020.

Penyelamatan dan evakuasi tersebut sebagai rangkaian latihan simulasi penanggulangan bencana gempa bumi yang dipusatkan di Kabupaten Sumbawa Barat.

Komandan Kodim 1615/Lotim, Agus Prihanto Donny yang memantau langsung proses latihan di lokasi mengatakan, latihan simulasi penanggulangan bencana ini dalam rangka mengantisipasi ancaman bencana alam khususnya di wilayah Kabupaten Lombok Timur.

"Seperti kita ketahui bahwa NTB berada pada ring of fire kawasan fasifik, artinya setiap saat bisa saja terjadi gempa bumi. Untuk itu kita harus tetap dalam kondisi waspada," ujar Dandim.

Menurutnya, latihan penanggulangan bencana ini dilakukan untuk melatih dan menjaga kesiapansiagaan satuan khususnya terkait dengan penanggulangan bencana alam pada umumnya.

"Dihadapkan dengan kondisi saat ini, selain tetap waspada terhadap bencana gempa bumi, juga harus waspada dengan banjir dan tanah longsor mengingat kita sudah memasuki musim hujan," papar Agus Donny.

Mantan Danyonif 742/SWY tersebut juga mengingatkan seluruh prajuritnya dan masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sehingga tetap bisa eksis melakukan aktivitas setiap hari. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama