Demi kelestarian Rinjani, Sukiman dan TNGR teken MoU - OPSINTB.com | News References -->

16/11/20

Demi kelestarian Rinjani, Sukiman dan TNGR teken MoU

Demi kelestarian Rinjani, Sukiman dan TNGR teken MoU

 
Demi kelestarian Rinjani, Sukiman dan TNGR teken MoU

OSPINTB.com - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy menandatangani kesepakatan bersama (MoU) antara Pemkab dengan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TBGR) terkait Pelestarian “Tuah Rinjani”, Senin (16/11/2020) di Dusun Jurangkoak,  Desa Bebidas, Kecamatan Wanasaba. 

Pelestarian Tuah Rinjani merupakan  upaya untuk melindungi Rinjani sebagai pusat budaya dan aktivitas spiritual serta sebagai penyangga kehidupan (penyedia air dan perlindungan alam) yang harus dijaga dan dilestarikan untuk memberikan keuntungan/manfaat bagi kehidupan masyarakat Sasak, khususnya di Kabupaten Lombok Timur. 

Sukiman Azmy menyampaikan, Penandatangan itu merupakan payung hukum sebagai acuan bersama dalam upaya menghentikan segala aktifitas, kekerasan dan propokasi yang kurang baik di masa lalu dan akan baik di masa akan datang. "MoU ini merupakan komitmen bersama dalam upaya mensejahterakan masyarakat," ujarnya. 

Ia ingatkan juga setelah penandatangan ini tidak ada lagi masyarakat terpropokasi maupun terhasut oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, dan masyarakat diharapkan tidak lagi bekerja dan menguasai lahan TNGR, semuanya akan diatur dengan sebaiknya untuk kepentingan masyarakat. "Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan aman, tentram dan damai," harapnya.
 
Sebab, sambung Bupati, permasalahan ini telah muncul sejak tahun 2016 lalu dan telah melalui perjalanan yang cukup panjang dan dapat diselesaikan pada pemerintahan H Sukiman Azmy dan H Rumaksi SJ (SUKMA) dengan didukung seluruh lapisan masyarakat. 

Pemerintah Kabupaten Lombok Timur mengucapkan terimakasih kepada TNGR, Camat, Kepala Desa, Direktur Usaid Bijak dan seluruh elemen masyarakat yang telah berkomitmen kuat untuk Pelestarian Tuah Rinjani Yang Mensejahterakan Rakyat.

Sementara itu Kepala Balai TNGR, Dedi Asiadi menyampaikan momentum ini sebagai salah satu tanda harmonisasi Pemerintah Daerah dengan TNGR, sebagai upaya bersama menjaga kelestarian Gunung Rinjani. 

"TNGR hanya sebagai ruang akses dan Penandatangan ini merupakan wujud bersama menjaga rinjani menghidupkan Tuah Rinjani," jelasnya.

Tujuan Kesepakatan bersama ini guna menjamin kelestarian fungsi TNGR berupa Tuah Rinjani dalam rangka pelaksanaan pembangunan daerah Kabupaten Lombok Timur di kawasan TNGR, pengembangan Geopark dan Cagar Biosfer dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Balai TNGR, Kepala OPD, Camat Wanasaba, Kapolsek, Danramil, Direktur Usaid Bijak dan seluruh elemen masyarakat. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama