Wabup Lotim minta Formabes kembangkan Kelompok Usaha Bersama - OPSINTB.com | News References -->

30/10/20

Wabup Lotim minta Formabes kembangkan Kelompok Usaha Bersama

Wabup Lotim minta Formabes kembangkan Kelompok Usaha Bersama

 
Wabup Lotim Minta Formabes Kembangkan Kelompok Usaha Bersama

Forum Masbagik Bersatu (FORMABES) Gelar silaturahmi bersama Wakil Bupati Lombok Timur di Rumah Pribadi Bagik Papan, Kamis malam (29/10/2020).

OPSINTB.com - Salah satu pembina Formabes, Edi memaparkan bahwa dalam rangka meningkatkan produktivitas anggota, Formabes akan melakukan pembinaan UMKM yang berasal dari anggota.

Sementara itu Wakil Bupati Lombok Timur, H Rumaksi SJ SH meminta angar Formabes melakukan pembinaan kepada anggota terutama pembinaan kelompok usaha berasama dan jenis-jenis usaha kelompok lainnya.

Menurutnya, forum-forum organisai pemuda dan masyarakat harus diarahakan pada kegiatan-kegiatan produktif, untuk meningkatkan kesejahteraan anggota.

Saat ini  pemerintah telah menggagas  Lombok Timur Berantas Rentenir Tanpa Bunga (Lotim Berkembang) yang diaktualisasikan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) Sapi bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPD HKTI) NTB.

"Yang penting mereka tidak sedang ada pinjam di Bank alias BI Cheking, bisa di cairkan pinjamannya," jelas Wabup.

Selaian progran KUR Sapi, Ketua DPD HKTI NTB ini juga menggagas internet Desa yang mana saat sedang dalam tahap uji coba.

"Kaum muda bisa berperan sebagai pengusaha internet di Desa. Pemerintah telah membangun Best Transmiter Station (BTS) dan memasang acces point hampir di seluruh Desa dengan nilai investasi Sebesar Rp. 5 miliar," jelas H. Rumaksi.

Lebih jauh lelaki yang dikenal sangat dekat dengan masyarakat Lombok Timur itu menegaskan, dengan hanya membayar Rp.30 ribu rupiah per bulan masayarakat bisa mengakses internet dengan kecepatan tinggi sepuasnya.

"Yang paling penting internet ini bisa digunakan untuk promosi usaha," tandasnya pula.

Dijelaskannya lagi, hingga saat ini hampir Rp. 1,3 triliun uang rakyat keluar untuk membeli paket data internet berbasis propider, sementara pemerintah daerah mendapat sumbangan PAD sangat kecil. 

Diharapkannya, dengan adanya internet desa ini akan bisa meningkatkan sumber pendapatan daerah dengan harga murah dan terjangkau.

"Formabes bisa mengambil peran sebagai penjual voucher internet," harap Wabup Lotim.

Dihadapan puluhan anggota Formabes, Wabup kembali menegaskan bahwa geliat ekonomi di per-desaan harus dimulai dari aktivitas produktif kaum mudanya, sementara pemerintah daerah hanya berperan sebagai fasilitator terhadap usaha-usaha masyarakat perdesaan, termasuk peran aktif pemuda mejebatani para UMKM  akses permodalan. 

"Sekarang pemerintah telah membentuk Tim Akses Permodalan Daerah," jelasnya lagi.

Pada ahir diskusinya, Wabup juga meminta agar Formabes membuat Usaha Kelompok Bersama dengan jenis usaha apa saja kemudian mengajukan bantuan permodalan pada dirinya, yang penting tegas Wabup, ada komitmen berusaha dari anggota. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama