Tingkatkan kesehatan masyarakat, Mahasiswa UMM adakan acara pemeriksaan dan pengobatan gratis di Setanggor Selatan - OPSINTB.com | News References -->

Selasa, 29 September 2020

Tingkatkan kesehatan masyarakat, Mahasiswa UMM adakan acara pemeriksaan dan pengobatan gratis di Setanggor Selatan

Tingkatkan kesehatan masyarakat, Mahasiswa UMM adakan acara pemeriksaan dan pengobatan gratis di Setanggor Selatan

Tingkatkan kesehatan masyarakat, Mahasiswa UMM adakan acara pemeriksaan dan pengobatan gratis di Setanggor Selatan

OPSINTB.com - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam kelompok 70 Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) UMM Gelombang 9 mengadakan kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis untuk Warga Desa Setanggor Selatan, Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur.

Acara yang mengusung tema "Tebarkan Kepedulian Ciptakan Kebersamaan" tersebut diselenggarakan pada Minggu (27/9/2020), bertempat di Gedung Olahraga Setanggor Selatan dan dihadiri oleh 50 peserta dari tiga dusun.

Acara tersebut terlaksana berkat kerjasama antara mahasiswa UMM dengan Klinik Bina Raya, Rumah Sunat dan Perawatan Luka Lombok Timur (RSPL), Apotek DD, dan Apotek Niaga.

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa UMM melalui perangkat desa membagikan 50 kupon pada warga desa yang membutuhkan. Kupon terbagi menjadi dua jenis, yakni kupon bertuliskan ‘E’ untuk pasien yang membutuhkan edukasi fisioterapi karena memiliki masalah atau keluhan seperti pegal, sakit punggung, nyeri pinggang, dan sejenisnya. Sedangkan kupon bertuliskan ‘P’ untuk pasien yang membutuhkan pemeriksaan dan pengobatan karena memiliki komplikasi penyakit tertentu dan perlu penindakan langsung dari dokter.

Acara berlangsung mulai dari pukul 08.00 wita hingga 11 siang, dimulai dari pembukaan oleh Agam Ray Waladi selaku Koordianator PMM kelompok 70. Lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi dari masing-masing sponsor, mulai dari Klinik Bina Raya sampai dengan RSPL.

Begitu sosialisasi dan penyampaian materi selesai, para peserta, yang didominasi pekerja dan orang tua tersebut langsung diarahkan menuju stan pemeriksaan tensi. Setelah itu, mahasiswa UMM membantu mengarahkan pasien ‘P’ untuk ke stan dokter dan ‘E’ ke stan edukasi fisioterapi.

"Baru kali ini ada pemeriksaan dan pengobatan gratis lengkap, ada dokter, perawat, apoteker dan juga fisioterapis. Paket lengkap," kata salah seorang Warga Setanggor Selatan, Lalu Irpan.

Acara ini diselenggarakan mengingat sulitnya warga desa mendapat akses kesehatan karena jarak menuju rumah sakit umum cukup jauh. Terlebih di masa pandemi ini, pelayanan dari rumah sakit juga terbatas. Setelah mendapat penanganan sesuai dengan yang dibutuhkan, para pasien diberikan obat-obatan, vitamin, handsanitizer, dan masker (bagi yang tidak membawa).

Diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan ini, dapat menambah wawasan masyarakat mengenai pentingnya kesehatan dalam menunjang produktivitas masayarakat saat bekerja, lebih-lebih di era normal baru ini.

Koordinator kelompok PMM, Agam Ray Waladi mengungkapkan, acara ini dapat terlaksana dengan baik tak lepas dari dukungan para sponsor, bimbingan dari DPL, Iis Siti Aisyah, serta bantuan dana dari DPPM UMM.

Kontributor : PMM UMM Kelompok 70 Gelombang 9

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama