PAS janji atasi kekeringan dan sejahterakan petani Loteng - OPSINTB.com | News References -->

Rabu, 30 September 2020

PAS janji atasi kekeringan dan sejahterakan petani Loteng

PAS janji atasi kekeringan dan sejahterakan petani Loteng

PAS janji atasi kekeringan dan sejahterakan petani Loteng

OPSINTB.com - Pasangan Prayatni-Sumum (PAS) berjanji menyelesaikan masalah kekeringan dan mensejahterakan petani.

Hal itu diungkapkan Calon Wakil Bupati Lombok Tengah (Loteng), H Sumum saat bersilaturahmi dengan warga Semoyang, Kecamatan Praya Timur, Rabu 30/9/2020 malam.

Dikatakan H Sumum, sebagai putra asli Praya Timur dirinya memahami betul  penderitaan dan jeritan warga akibat kekeringan yang terjadi setiap tahun. Bahkan menurutnya, kondisi ini dialami warga sejak puluhan tahun lalu.

Jangankan untuk pertanian, air untuk kebutuhan mandi dan kebutuhan rumah tangga lainnya pun sangat sulit di Praya Timur dan wilayah Selatan.

Salah satu solusi yang dirumuskan pasangan PAS nantinya adalah menampung air di saat musim penghujan. Yakni dengan membuat bak penampungan air dengan  memanfaatkan  tekhnologi tertentu untuk mengtasi persoalan kekeringan. Termasuk juga  memaksimalkan sumur bor dan embung.

Nantinya, sumur bor akan diupayakan di masing-masing desa/kelurahan.  Kedalaman sumur bor akan dibangun sesuai kondisi wilayah. Sehingga bisa dimanfaatkan secara  maksimal oleh masyarakat.

"Percuma sumur bor banyak tapi tidak maksimal. Lebih baik satu tapi debit air yang dihasilkan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat secara maksimal," janjinya.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut pihaknya berkomitmen  memperhatikan kesejahteraan petani. Diantaranya dengan hadir memastikan harga komuditi  pertanian yang berpihak kepada petani.

Misalnya tembakau, pasangan PAS akan menjembatani petani dengan perusahaan untuk memastikan harga tembakau layak dan menguntungkan petani.

Sementara mengenai pembangunan  infrakstruktur berupa jalan, jembatan dan lainnya, juga  akan diupayakan. Tapi tentunya dengan melihat kondisi keuangan daerah. 

"Kami tidak mau janji muluk. Tapi satu yang PASti kami hadir untuk mengabdi dan mewakafkan hidup kami sepenuhnya untuk masyarakat," tegasnya.

Sementara itu beberapa warga yang hadir dalam silaturahmi tersebut mengatakan, H Sumum  sudah sangat familier dengan warga Semoyang.

Selain dari hubungan kekeluargaan, interaksi  sudah terjalin sangat erat saat menjadi kepala sekolah di Semoyang.

"Kami yakin pasangan ini   sangat memahami  kondisi dan kebutuhan masyarakat ," ujar mereka sembari meneriakkan yel-yel kemenangan untuk pasangan PAS dengan penuh semangat.(yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama