Mulai bangkit, kuliner Desa Jango Loteng tembus pasar luar daerah - OPSINTB.com | News References -->

22/09/20

Mulai bangkit, kuliner Desa Jango Loteng tembus pasar luar daerah

Mulai bangkit, kuliner Desa Jango Loteng tembus pasar luar daerah

Kuliner lombok tengah

OPSINTB.com - Sejumlah produk yang dihasilkan usaha kecil dan menengah (UKM) di Desa Jango, Kecamatan Janparia, Lombok Tengah (Loteng) tembus pasar luar daerah.

Ada pun produk aneka kuliner dibawah pembinaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Mekarsari Jango Maju itu di antaranya, aneka kue basah, abon dan berbagai produk lainya.

Ketua Kelompok UPPKS, Nurhayati menyatakan, semenjak mewabahnya Covid-19 semua kegiatan sempat terhenti, akan tetapi dengan adanya program Kampung Sehat (Nurut Tatanan Baru) atau adaptasi kebiasaan baru yang telah diluncurkan, produktivitas kelompok kembali bangkit.

"Walaupun sempat terhenti, kami kembali mencoba membuat aneka kuliner untuk mendongkrak ekonomi masyarakat," katanya, Senin 21/9/2020.

Ia menyatakan, untuk pemasaran produk kuliner ini, selain di toko-toko terdekat bahkan sampai keluar daerah seperti di wilayah Makasar, Sumbawa, Bali.  "Omset hasil jualan kuliner ini sekarang sudah mencapai puluhan juta dalam satu bulannya," ujarnya.

Menurutnya, dengan diminatinya produk kuliner ini, sekarang masyarakat juga saat ini berlomb-lomba untuk menghasilkan produk yang berdaya saing agar mampu menembus pasar luar daerah.  Termasuk pada saat masa pandemi Covid-19 ini.

"Kami juga pasarkan produk-produk unggulan UKM ini melalui online," ujarnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Jango Polsek Janapria, Brigadir Astan menyatakan, sejak dilouncingkan Lomba Kampung Sehat yang mengedukasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup Adaptasi Kebiasaan Baru membuat para pelaku industri atau kelompok-kelompok tani memiliki produktivitas yang lebih tinggi dari pada sebelum diterapkan Adaptasi kebiasaan baru.

"Dengan adanya Lomba Kampung Sehat, perekonomian masyarakat menjadi sangat terbantu, terlebih dimassa Pandi Covid-19," jelasnya. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama