Ingin rasanya berlama-lama mengurung cinta di Kolam Wisata Pancor Datok - OPSINTB.com | News References -->

Jumat, 25 September 2020

Ingin rasanya berlama-lama mengurung cinta di Kolam Wisata Pancor Datok

Ingin rasanya berlama-lama mengurung cinta di Kolam Wisata Pancor Datok

Ingin rasanya berlama-lama mengurung cinta di Kolam Wisata Pancor Datok

OPSINTB.com - Kolam Wisata Pancor Datok terletak di Dusun Aik Kelep, Desa Aik Dewa Selatan, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur. Kolam yang diresmikan oleh Bupati Lombok Timur, HM Ali Bin Dachlan pada tahun 2017 ini dikelola langsung oleh masyarakat setempat, bernaung di bawah Bumdes.

Lokasi kolam terbilang cukup jauh dari keramaian. Tapi tenang, lokasinya sudah tersemat di Google Map. Namun bagi anda yang baru tahu keberadaan kolam ini, tidak cukup dengan Google Map. Apalagi banyak orang mengatakan, peta elektronik buatan Google itu tidak jarang membuat penggunanya tersesat. Korbannya termasuk penulis.

Untuk itu, agar tidak tersesat jalan menuju Kolam Pancor Datok, sebaiknya anda bertanya di warga desa setempat. Jika anda memilih bertanya, warga akan menjawab penuh kerahamahan. Dan telunjuk warga pasti akan dilemparkan ke jalan kecil serupa gang yang mengarah ke lokasi kolam. Ya, dari jalan utama Desa Aik Dewa Selatan, roda kendaraan anda harus berputar menelusuri jalan kecil sepanjang sekitar satu kilo meter. Tak usah kebut-kebutan, apalagi pamer suara knalpot racing. Itu akan menggangu kenyamanan warga. Sebab, anda melewati jalan kecil padat pemukiman.

Dan, setelah tiba di area parkir kolam, jangan lupa ambil nomor parkir kendaraan anda. Biaya parkir Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan empat.

Dari area parkir, belum nampak wujud kolam. Anda masih harus menuruni puluhan anak tangga. Di tengah perjalana menuruni tangga, anda akan menemukan pos jaga. Dan anda harus berhenti sejenak untuk membayar karcis atau biaya masuk. Cukup dengan Rp 2000 per orang, anda sudah bisa melanjutkan perjalanan menuruni anak tangga.

Jangan lupa mampir sejenak di warung kopi yang berjejer rapi di tepian tangga. Sensasi seruput kopi hitam akan terasa berbeda. Anda akan dihibur suara air yang tumpah ke kolam. Hembusan angin lembut nan sejuk membuat dedaunan tedengar berirama. Sesekali angin itu membelai tubuh anda yang sedang asik seruput kopi hitam. Bisa juga teh atau susu.

Tetapi jika anda bukan penikmat minuman di atas, boleh melanjutkan perjalanan menuruni tangga. Tersisa belasan anak tangga dari warung kopi pertama. Dan selamat datang di Kolam Wisata Pancor Datok.

Bagi anda yang baru pertama mengunjungi kolam ini, bayangkan artis cantik, Luna Maya atau Ariel Tatum tiba-tiba melempar senyum dan memasrahkan nomor hand phone-nya pada anda. Penulis yakin, anda akan terkejut, kepala anda akan dipenuhi tanda tanya. Dan tentunya bahagaia.

Ya, begi kira-kira perasaan anda saat baru pertama melihat Kolam Wisata Pancor Datok. Anda akan terkejut melihat keindahan alam di sekitar kolam. Anda akan merasa nyaman dan betah berdiam lama, duduk-duduk sambil bercengkrama bersama keluarga dan sahabat.

Bagi pasangan suami istri atau pasangan kekasih, ingin rasanya berlama-lama mengurung cinta di tepian kolam yang dikelilingi pohon bambu dan pesawahan itu. Suara air yang terjun dari pancoran menuju kolam, ditambah suara daun bambu yang tertiup angin seolah membantu merayu.

Semakin menambah kemesraan ketika anda dan pasangan atau sahabat, meneggelamkan seluruh tubuh (mandi, red) di Kolam Wisata Pancor Datok. Tubuh anda akan tersa segar oleh jernih dan dinginnya air kolam. Paling penting, air kolam bebas dari bahan kimia kaporit. Sebab air kolam berasal dari sumber mata air yang tak jauh dari kolam. Dan air terus mengalir tanpa henti menuji satu kolam berukuran sekitar 4x8 meter itu. Ya, di sana hanya terdapat satu kolam. "Rencananya kita akan menambah jumlah kolam. Kolam untuk anak-anak dan orang dewasa," kata pengelola kolam, Toni Soladin, 25/6/2020.


Sebelum pulang, tidak lengkap rasanya jika belum mengabadikan momen, bersua foto di spot-spot foto yang sudah disediakan pengelola kolam. Selanjutnya, silahkan sebar momen-momen indah anda ke media sosial! Hitung-hitung untuk membantu promosi Kolam Wisata Pancor Datok. Atau anda juga bisa kirim foto anda kepada Luna Maya atau Ariel Tatum, jika memang benar anda sudah diberikan nomor kontaknya.

Soal artis cantik di atas. Maaf jika dianggap berlebihan. Tapi begitu kira-kira perasaan anda saat baru pertama datang atau sedang berada di Kolam Wisata Pancor Datok. Kejernihan air kolam dan keasrian alamnya akan memastikan diri anda untuk kembali berkunjung. Kolam dibuka setiap hari. "Kolam Wisata Pancor Datok buka setiap hari. Mulai jam 8 pagi hingga 5 sore," kata Toni.

Keindahan kolam mampu menyedot wisatawan mulai 500 orang per hari. Bahkan pengunjung bisa mencapai 1 ribu orang per hari, terutama saat hari-hari libur. Seperti hari Sabtu dan Minggu.

"Silahkan berkunjung ke Kolam Wisata Pancor Datok. Kami yakin anda akan betah berdiam lama di sana," seru Kepala Desa Aik Dewa Selatan, Mahmud kepada opsintb.com. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama