28 desa parah kekeringan. Bupati Lotim tempuh langkah maksimal - OPSINTB.com | News References -->

11/09/20

28 desa parah kekeringan. Bupati Lotim tempuh langkah maksimal

28 desa parah kekeringan. Bupati Lotim tempuh langkah maksimal

28 desa parah kekeringan. Bupati Lotim tempuh langkah maksimal

OPSINTB.com - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy meminta semua pihak berpartisipasi untuk bersama mengatasi bencana kekeringan.

Kaitan dengan itu, Bupati menggelar Rapat Koordinasi bersama Kepala OPD, Camat, PDAM, PMI, dan TNI-Polri di Ruang Rupatama Bupati, Jumat 11/09/2020.

Berdasarkan data siaga darurat kekeringan BPBD Lombok Timur tahun 2020 ini, kata dia, dari 21 kecamatan, 15 di antaranya berpotensi mengalami bencana kekeringan. Dari jumlah tersebut 9 kecamatan dengan 28 desa terdampak parah.

"BPBD Lombok Timur sejak 3 Agustus telah mendistribusikan air bersih ke daerah-daerah tersebut dengan memanfaatkan empat unit armada tangki yang dimilikinya. Hingga 10 September 980 liter air telah didistribusikan," kata Bupati.

Namun, dalam pelaksanaan distribusi masih kurang optimal. Pasalnya, jarak tempuh beberapa wilayah yang cukup jauh.

Mengatasi persoalan itu, Bupati mengambil langkah masksimal dengan memerintahkan sejumlah armada yang akan diposisikan di kecamatan terjauh seperti Jerowaru, Keruak, Sambelia, dan Suela. Sementara armada yang tersisa akan menangani kecamatan lainnya.

Karena adanya dampak kebakaran hutan dan lahan yang menyertai kekeringan ini, Bupati juga meminta tambahan satu unit Kendaraan Pemadam Kebakaran ditempatkan di wilayah Sambelia.

"Armada tersebut Senin (14/09) sudah harus ada di masing-masing kecamatan yang telah disebutkan," imbuhnya.

Selain armada miliki BPBD Lombok Timur, armada milik Dinas Sosial, PMI, PDAM, dan Polres Lombok Timur juga diturunkan, dengan tambahan armada dari BPBD Provinsi NTB. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama