Panglima dan Kapolri Luncurkan Kampung Sehat Desa Kembang Kuning - OPSINTB.com | News References -->

Thursday, July 9, 2020

Panglima dan Kapolri Luncurkan Kampung Sehat Desa Kembang Kuning

Panglima dan Kapolri Luncurkan Kampung Sehat Desa Kembang Kuning

Panglima dan Kapolri Luncurkan Kampung Sehat Desa Kembang Kuning

OPSINTB.com - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis luncurkan Kampung Tangguh Nusantara Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Lombok Timur, Kamis 09/7/2020.

Panglima dan Kapolri menghadiri peluncuran Kampung Tangguh Nusantara secara virtual di seluruh Indonesia. Dan, Desa Kembang Kuning menjadi 1 di antara 7.224 desa yang diluncurkan secara serentak.

Di NTB, Kampung Tangguh bernama Kampung Sehat. Peluncuran Kampung Tangguh disertai dengan panen raya padi dan ikan.

Dalam sambutannya Panglima TNI mengatakan, Kampung Tangguh Nusantara diluncurkan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di tengah pandemi covid-19.

"Dalam menekan dampak covid-19 TNI-Polri menginisiasi Kampung Tangguh Nusantara di seluruh Kodam dan Polda se Indonesia," jelas Panglima.

Lanjutnya, panen raya hari ini menjadi bukti kesungguhan TNI Polri dalam mewujudkan ketahanan pangan dalam membantu pemerintah dan menjadi program pemanfaatan lahan dalam mengurangi dampak pendemi covid-19

Sementara Kapolda NTB M IQbal menyampaikan, kerjasama Pemprov NTB, Pemkab Lotim dan stake holder terkait cuku baik. Salah satunya terbukti dari kesiapan panen raya di Desa Kembang Kuning.

"Ekomomi harus tetap terjaga namun harus mematuhi protokol kesehatan," kata mantan Kadiv Humas Polri itu.

Senada dengan Kapolda, Wagub NTB Hj Siti Rohmi Djalilah mengatakan, seluruh instansi pemerintah di NTB yelah menjalin kerjasama yang cukup solid. Terutama di masa pandemi ini. "Kita sedang menjalani masa sulit namun kita bisa menjalaninya dengan baik," imbuhnya.

Kata Wagub, terkait covid-19, NTB bisa dibilang mulai membaik namun masih ada PR yang harus disikapi bersama, yaitu merubah peta penyebaran covid-19, dari merah menjadi hijau. Diakuinya, faktor tersulit adalah mengedukasi masyarakat terkait protokol kesehatan covid-19.

Namun dalam hal ini, kerjasama TNI dan Polri memiliki pengaruh cukup besar dalam upaya menekan penyebaran covid-19, khusunya di NTB.

"Kampung sehat yang digagas oleh Kapolda NTB di tengah pandemi ini sebagai bentuk kesungguhan Polri dalam membantu pemerintah untuk menekan covid-19," kata Wagub.

Wagub juga memberi apresiasi khusus terhadap Pemkab Lotim. Lotim dengan jumlah penduduk dan desa terbanyak namun Bupati HM Sukiman Azmy bisa mengikuti semua program pemerintah dengan baik.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan kegiatan panen raya ikan lele dan ikan nila secara simbolis oleh Wagub NTB, Kapolda NTB, Danrem 162/wb dan Bupati Lotim. Dan, melihat Stand Handy Craft hasil pengrajin masyarakat Desa Kembang Kuning. Kemudian acara diakhiri panen raya padi secara simbolis. (met)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama