Desa Sembalun Timba Gading Siap Ikuti Lomba Kampung Sehat - OPSINTB.com | News References -->

Tuesday, June 23, 2020

Desa Sembalun Timba Gading Siap Ikuti Lomba Kampung Sehat

Desa Sembalun Timba Gading Siap Ikuti Lomba Kampung Sehat

Desa Sembalun Timba Gading Siap Ikuti Lomba Kampung Sehat

OPSINTB.com - Sebanyak 61 desa di Kabupaten Lombok Timur menjadi peserta Lomba Kampung Sehat yang diadakan Polda NTB. Kampung Sehat diharapkan bisa menekan angka positif covid-19 dengan saling menjaga dan peduli mulai dari lingkungan yang terkecil.

Dan, salah satu dari 61 desa tersebut yakni Desa Sembalun Timbang Gading, Kecamatan Sembalun. Polres Lombok Timur, melalui Polsek Sembalun langsung bergerak menindaklanjuti kesiapan yang terletak di lereng Guning Rinjani itu. 

Kapolsek Sembalun, IPTU LL Panca Warsa SH mengatakan, Lomba Kampung Sehat merupakan wujud kemandirian desa beserta masyarakat. Dimana kebijakan di tingkat desa diterapkan dalam penanganan covid-19, untuk mendukung pemerintah dalam penanganan pandemi covid-19.

Dalam hal ini, pemerintah telah berupaya memutus mata rantai dan pencegahan penyebaran covid-19, dengan bersama-sama membangun ketangguhan masyarakat dan menumbuhkan semangat kebersamaan untuk lebih waspada dalam menghadapi penyebaran covid-19.

"Ini salah satu upaya Kepolisian RI untuk membantu dan mendukung pemerintah dalam upaya memutus mata rantai dan pencegahan penyebaran Covid-19. Serta meminimalisir dampak ekonomi, sosial, dan pendidikan di tengah masyarakat," jelas Panca saat dikonfirmasi media di ruang kerjanya Senin 22/6/2020.

Dia juga mendorong untuk mengembangkan inovasi kreatifitas, dengan memanfaatkan potensi masing-masing. Dan yang terpenting merubah mainset masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran dalam protokol kesehatan covid-19.

“SOP kesehatan di desa secara administrasi harus dilengkapi, selalu berkoordianasi dengan tim Satgas Kecamatan. Juga penguatan program yang sudah ada melalui pendampingan TNI-Polri dan intansi lainnya," ucapnya.

Panca juga menekankan, untuk menghadapi pandemi ini yang terpenting yaitu partisipasi masyarakat sebagai indikator mengukur kemandiran di setiap desa. Dalam inovasi yang akan diterapkan, agar menyesuaikan dengan karakteristik masing-masing desa dalam penerapan protokol kesehatan covid-19.

"Intinya kampung sehat adalah, sejauh mana desa bisa memberdayakan masyarakat untuk berperan aktif. Menyadarkan masyarakat dengan kebiasan yang baru," pungkasnya.

Sementara itu, Kades Timba Gading, Ridowan Hadi mendukung sepenuhnya dan mengapreasasi kegitan lomba Kapung Sehat ini, dimana wilayahnya dipilih untuk mewakili semua desa yang ada di Kecamatan Sembalun untuk mengikuti lomba Kampung Sehat Nusantara.

"Kami sangat berterimakasih dan mendukung sepenuhnya kegitan tersebut. Kesempatan ini kami jadikan sebagai media edukasi di masyarakat tentang bahaya dan kewaspadaan terhadap pandemi covid-19," terangnya.

Kapolres Lotim melalui Kasubbag Humas, IPTU Lalu Jaharudim berharap, dengan adanya Lomba Kampung sehat ini, masyarakat bisa belajar lebih jauh akan pentingnya pola hidup sehat dengan mengedepankan protokol kesehata.

"Kami berharap ke depannya bukan 61 desa saja yang membentuk kampung, desa-desa lain juga diharapkan membentuk kampung sehat supaya kesehatan, perekonomian, kenyamanan serta keamanan masyarakat bisa lebih baik lagi," pungkas Kasubbag. (met)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama