Tangani Pandemi Corona, Baznas Lotim Sasar 5 Klaster Penerima ZIS - OPSINTB.com | News References -->

06/05/20

Tangani Pandemi Corona, Baznas Lotim Sasar 5 Klaster Penerima ZIS

Tangani Pandemi Corona, Baznas Lotim Sasar 5 Klaster Penerima ZIS

Tangani Pandemi Corona, Baznas Lotim Sasar 5 Klaster Penerima ZIS

OPSINTB.com - Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lombok Timur, HM Nazri mengatakan, Baznas Lombok Timur mendapat Surat Edaran dari Baznas Pusat Nomor 1 Tahun 2020 tentang penyaluran zakat, infaq dan sodakoh (ZIS).

"Surat Edaran tersebut bertujuan untuk mendukung penanganan dampak sosial covid-19 di Lombok Timur," kata Nazri, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 06/5/2020.

Kata dia, dalam penyaluran ZIS ini, Baznas Lombok Timur menyasar 5 klaster penerima bantuan. Di antaranya, klaster tenaga pendidikan dan dakwah (guru honor, guru ngaji, marbot dst), klaster UKM (pedagang kecil menengah, pedagang keliling dsb), klaster grup informal (yayasan, kelompok sosial dsb), klaster buruh informal (tukang parkir, ojek dsb) serta klaster korban PHK.

Bentuk santunan yang diberikan, lanjut Nazri, pihaknya memberikan paket sembako dan uang tunai. Namun, bukan berarti satu penerima mendapat bantuan ganda (sembako dan uang) akan tetapi yang dimaksud, melihat realita langsung di lapangan apakah penerima mendapatkan sembako atau uang tunai.

"Baznas Lombok Timur menetapkan calon penerima bantuan tidak semata berdasarkan data, namun juga berdasarkan realita yakni besaran dan jenis bantuan ditentukan berdasarkan kondisi riel penerima," jelas Nazri yang juga wartawan senior ini.

Untuk mengetahui kondisi riel penerima bantuan, pihak Baznas Lombok Timur membentuk tim dan membagi kawasan penyaluran langsung di lapangan. Sehingga katanya, besaran bantuan yang diberikan kepada penerima berpariasi sesuai kondisi kehidupan yang bersangkutan berdasarkan azas berkeadilan.

Nazri sendiri mengaku mendapat kawasan penyaluran di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Jerowaru, Kecamatan Sakra Barat dan Kecamatan Selong. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama