Pencairan BLT DD Tahap 1 di Desa Telaga Waru Berjalan Lancar - OPSINTB.com | News References -->

Minggu, 17 Mei 2020

Pencairan BLT DD Tahap 1 di Desa Telaga Waru Berjalan Lancar

Pencairan BLT DD Tahap 1 di Desa Telaga Waru Berjalan Lancar

Blt dd desa telaga waru pringgabaya lotim

OPSINTB.com - Desa Telaga Waru, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur telah melaksanakan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap 1 (April) tahun anggaran 2020. Pencarian yang dilaksanakan hari Sabtu 16/5/2020 tersebut, berjalan lancar dan sesuai protokol kesehatan covid-19.

Kegiatan diawali dengan arahan dan petunjuk teknis pelaksanaan oleh Sekdes Telaga Waru dan dilanjutkan dengan sambutan kepala desa, kemudian dibuka secara langsung oleh Camat Pringgabaya. Hadir pula dalam acara tersebut Kapolsek Pringgabaya, Babinsa, Kepala Puskesmas Batuyang, Pendamping Desa dan perwakilan Dinas PMD Lombok Timur. 

Dalam arahan dan petunjuk teknis pelaksanaan BLT DD, Sekdes Telaga Waru, Junaidi S Pd menyampaikan bahwa pentingnya menjaga kesehatan dan mengantisipasi penyebaran covid-19 dengan tetap mengikuti arahan pemerintah. Seperti tetap menggunakan masker, melaksanakan Social Distancing dan Physical Distancing.

"Untuk memenuhi itu, kami dari Relawan Desa Lawan Covid 19 menyediakan masker dan disinfektan serta tempat cuci tangan bagi para penerima manfaat BLTD DD," kata Junaidi.

Sementara Kepala Desa Telaga Waru, Muhammad Rohdi dalam sambutannya menjelaskan jumlah anggaran yang digelontorkan serta proses penetapan daftar keluarga penerima manfaat dari program BLT DD.

Mengacu pada Permendes Nomor 6 tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa. Di dalamnya jumlah Dana Desa yang dapat dialokasikan untuk BLT DD di antaranya desa dengan DD kurang dari Rp 800 juta mengalokasikan maksimal 25 persen, kemudian Rp 800 juta sampai Rp 1,2 milyar mengalokasikan maksimal 30 persen. Dan, DD di atas Rp 1,2 milyar mengalokasikan maksimal 35 persen.

"Kami di Desa Telaga Waru memperoleh DD sebesar Rp 1.202.557.000, sehingga dengan demikian Desa Telaga Waru mengalokasikan untuk Program BLT DD sebesar 35 persen atau sekitar Rp 421.200.000 yang akan dibagikan kepada keluarga penerima manfaat sebanyak 234 KK. Masing-masing KK mendapatkan Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan, terhitung bulan April-Juni 2020," jelas Rohdi.

Penetapan keluarga penerima manfaat diawali dengan pendataan oleh Relawan Desa lawan Covid 19 dan ditetapkan melalui Musyawarah Desa khusus bersama-sama dengan Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa serta tokoh masyarakat lainnya. Setelah musyawarah, selanjutnya diusulkan ke Pemerintah Kabupaten Lombok Timur untuk disahkan sebagai Penerima manfaat dari BLT DD.

Dan secara resmi Bapak Camat Pringgabaya, Nasihun S Pd membuka dan mengapresiasi pelaksanaan pencairan BLT DD di Desa Telaga Waru.

Dalam kesempatan itu, Nasihun berpesan kepada keluarga penerima manfaat BLT DD untuk tetap bersyukur dan tetap menjaga kesehatan serta mematuhi arahan pemerintah.

Pembagian BLT DD dimulai dari pukul 09.30-12.00 wita di Kantor Desa Telaga Waru. Pembagian tersebut diawali dari dusun Benyer Daya dengan penerima manfaat sebanyak 79 KK, dilanjutkan dengan Dusun Benyer Lauq dengan Penerima Manfaat sebanyak 38 KK, dilanjutkan dengan Dusun Dasan Tapen Daya dengan penerima Manfaat sebanyak 66 KK, dan Dusun Dasan Tapen Lauq dengan Penerima Manfaat sebanyak 51 KK.

Untuk keluarga penerima manfaat yang tidak bisa hadir dan mengambil langsung ke Kantor Desa, maka Kepala Desa telaga bersama dengan jajaran perangkat Desa dan Relawan Desa lainnya turun langsung untuk memberikan bantuan tersebut kepada Keluarga Penerima Manfaat. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama