Pandemi Corona, Pemda Lotim Akan Gandeng Grab - OPSINTB.com | News References -->

Jumat, 03 April 2020

Pandemi Corona, Pemda Lotim Akan Gandeng Grab

Pandemi Corona, Pemda Lotim Akan Gandeng Grab

Pandemi Corona, Pemda Lotim Akan Gandeng Grab

OPSINTB.com - Pandemi corona tidak menyurutkan niat Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy untuk menghentikan transaksi jual beli di pasar. Sejumlah pasar di Lombok Timur masih beroperasi seperti biasa.

Kata bupati, pasar harus tetap dibuka untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat setiap harinya. "Kalau pasar ditutup, bagaimana kita memenuhi kebutuhan kita sehari-hari dalam rangka kita beribadah kepada Allah," jelasnya, Jumat 3/4/2020.

Tetapi, hal itu tidak lantas membuat bupati lengah terhadap kesehatan masyarakatnya, seperti penularan covid-19.

Kata dia, proses transaksi jual beli akan tetap dibuka, dengan catatan intensitas pertemuan antara pedagang dan pembeli akan dikurangi. Dalam hal ini, Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur akan memanfaatkan transaksi daring atau belanja online. Contonya pemesanan sembako melalui satu-satunya layanan ojek online (ojol) yang ada di Lombok Timur, yakni Grab.

"Di Lombok Timur kita ada Grab. Ke depan ini akan kita fungsikan. Media online ini akan kita upayakan untuk kita laksanakan di Kabupaten Lombok Timur," jelas bupati.

Selain memberi kemudahan bagi masyarakat, belanja online atau Grab dianggap sebagai media yang cukup efektif untuk menekan intensitas pertemuan antara masyarakat lainya. Pertemuan masyarakat sebagai pembeli dan pedagang akan dibatasi oleh ojol sebagai perantara.

"Pasarnya sudah ada, perantaranya sudah ada, yang butuh juga sudah ada. Ke tiga komponen ini akan kita jadikan satu dengan tanpa resiko," katanya.

Jika rencana ini sudah diterapkan, bupati berharap bisa menekan intensitas pertemuan antar masyarakat, baik secara perorangan maupun kelompok. Dengan begitu, penyebaran covid-19 bisa berkurang bahkan berhenti.

Tetapi, lanjut Sukiman, dalam penerapan sistem ini perlu ada persamaan paham antara masyarakat dan pemerintah sebagai pelaksana. "Siang ini akan kita rapatkan dengan stakeholder terkait," pungkas bupati dua periode itu. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama