Duh, 29 Desa di Lombok Timur Belum Cairkan Dana Desa - OPSINTB.com | News References -->

Selasa, 21 April 2020

Duh, 29 Desa di Lombok Timur Belum Cairkan Dana Desa

Duh, 29 Desa di Lombok Timur Belum Cairkan Dana Desa

Dana desa di lotim belum cair

OPSINTB.com - Kabid Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lombok Timur, Martaniati mengatakan, hingga bulan April ini masih banyak desa yang belum mencairkan Dana Desa (DD). Dari total 239 desa di Lombok Timur, yang sudah cair baru 210 desa.

"Yang sudah cair 210 desa, 29 desa belum," kata Martianti saat dikonfirmasi opsintb.com, Senin 20/4/2020.

Ia menjelaskan, 29 desa yang belum mencairkan DD karena desa-desa yang bersangkutan belum menyerahkan APBDes mereka. Terkait hal ini, selama beberapa hari terakhir pihaknya sudah turun langsung ke kelapangan untuk mencari tahu permasalahan atas APBDes yang belum diajukan.

Dan, kendala utama yang dihadapi beberpa desa di antaranya belum ada kesepakatan antara BPD dan Pemerintah Desa, terkait penggunaan anggaran.

"Yang paling fatal salah satunya komunikasi atau tidak sepaham dengan BPD. Kalu kendalanya dengan regulasi atau BPD mungkin kami bisa mediasi," terangnya.

Meski demikian, Martianti menegaskan bahwa semua persoalan yang dihadapi desa harus segera dituntaskan. Dan ia menarget APBDes harus rampung dan segera diserahkan paling lambat akhir bulan April ini.

Ada pun 210 desa yang sudah mencairkan DD mereka, agar digunakan sesuai APBDes dan aturan yang berlaku, termasuk untuk penanganan covid-19. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama