Wujudkan Zona Integritas, Lapas Selong Siapkan Layanan Terpadu - OPSINTB.com | News References -->

15/02/20

Wujudkan Zona Integritas, Lapas Selong Siapkan Layanan Terpadu

Wujudkan Zona Integritas, Lapas Selong Siapkan Layanan Terpadu

Wujudkan Zona Integritas, Lapas Selong Siapkan Layanan Terpadu

OPSINTB.com - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Selong, menyiapkan pelayanan terpadu demi kenyamanan masyarakat yang berkunjung ke Lapas. Hal ini salah satu upaya untuk mewujudkan Zona Integritas di Lapas Kelas II B Selong.

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBK/WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas II B Selong, Herdianto, kepada wartawan, Jumat 14/02/2020 menuturkan, pihaknya tengah menyiapkan dokumen untuk perwujudan ZI. Bahkan staf ahli dan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) telah mendatangi Lapas Selong untuk melakukan survey terhadap pengunjung Lapas.

"Sekarang ini kita lagi membangun Lapas Kelas II B Selong ini menjadi WBK/WBBM. Kita lagi persiapkan dokumen semua untuk mewujudkan Zona Integritas," tutur Herdianto.

Sebagai bentuk peningkatan pelayanan, saat ini sedang dibangun pusat pelayanan terpadu untuk menghadirkan pelayanan prima bagi pegunjung yang merupakan keluarga dari warga binaan Lapas.

"Kita bangun untuk pelayanan terpadu. Supaya masyarakat berkunjung, bisa nyaman. Seperti berkunjung ke Bank," ungkapnya.

Meskipun kapasitas Lapas temasuk dalam kategori over crowded (kelebihan penghuni), namun, Kalapas meyakini ZI dapat diwujudkan dengan kinerja maksimal.

Saat ini, Lapas II B Selong menampung sebanyak 346 Narapidana. Padahal, kapasitas Lapas diperuntukkan bagi 139 Narapidana.

"Untuk mewujudkan WBK/WBBM, tidak boleh ada diskriminasi dalam lapas. Tidak ada pungli, pelayanan harus prima, petugas juga berintegritas," sebut Kalapas yang belum genap satu bulan mengepalai Lapas Kelas II B selong ini. (ded)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama