Tahun 2020, Kemana Arah Zakat Baznas Lotim Disalurkan? Ini Jawabannya.. - OPSINTB.com | News References -->

Sabtu, 08 Februari 2020

Tahun 2020, Kemana Arah Zakat Baznas Lotim Disalurkan? Ini Jawabannya..

Tahun 2020, Kemana Arah Zakat Baznas Lotim Disalurkan? Ini Jawabannya..

Sekretaris baznas lombok timur penyaluran zakat 2020

OPSINTB.com - Keberadaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lombok Timur sering dipertanyakan masyarakat, terutama soal program dan kemana arah zakat pada Baznas Lombok Timur disalurkan.

"Setelah kita turun sosialisasi, protes masyarakat adalah ketidak adilan dan tidak tahu program Baznas," kata Abdul Hayyi Zakaria, Sekretaris Baznas Lombok Timur, bebera waktu lalu.

Untuk itu, jelasnya, tahun 2020 ini Baznas Lombok Timur sedang melakukan restrukturisasi pola penyaluran zakat. Dikarenakan, pola sebelum-sebelumnya masih tumpang tindih dengan penyaluran kepada fakir miskin dan juga ke tempat peribadatan.

"Kita akan restrukturisasi, untuk proposal fisik seperti Masjid dan Mushola kita akan rem dulu. Silahkan ajukan ke Pemda. Karana sesuai visi Baznas yakni Zakat Mengentas Kemiskinan Masyarakat. Dan kita fokus di situ," imbuhnya.

Kata Hayyi, restrukturisasi juga dilakukan agar dana zakat yang masuk bisa tersalurkan hanya kepada 8 asnaf yang merupakan kriteria penerima zakat.

Dijelaskannya lebih lanjut, mulai tahun ini Baznas Lombok Timur akan melakukan pendistribusian zakat konsumtif kepada 500 fakir miskin per kecamatan setiap bulannya.

"Kita targetkan dalam 4 tahun ke depan, semua kecamatan di Kabupaten Lombok Timur dapat tersentuh dari sisi zakat konsumtif," pungkasnya.

Selain itu, kalangan buruh pasar juga menjadi salah satu target penyaluran zakat oleh Baznas Lombok Timur. Setidaknya, 4 pasar besar yang ada di Lombok Timur telah ditetapkan sebagai sasaran awal. Yakni, Pasar Pancor, Pasar Masbagik, Pasar Paok Motong, dan Pasar Aikmel.

Selain itu, Baznas juga akan memberikan subsidi berupa insentif bagi guru yang telah lama mengabdikan dirinya di dunia pendidikan Lombok Timur.

"Kita punya program untuk guru. Berupa subsidi. Kita prioritaskan yang sudah lama mengajar, tapi belum mendapat insentif yang layak," tuturnya.

Dengan penyaluran zakat yang terstruktur, masyarakat dapat lebih mudah memantau arah penyaluran zakat yang telah masuk ke Baznas Lombok Timur. "Sehingga pertanyaan masyarakat terkait program dan kemana arah zakat pada Baznas Lombok Timur terjawab di situ," kata Hayyi. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama