BLK Lombok Timur Kembali Buka Pelatihan Kerja Kapal Pesiar - OPSINTB.com | News References -->

Sunday, January 19, 2020

BLK Lombok Timur Kembali Buka Pelatihan Kerja Kapal Pesiar

BLK Lombok Timur Kembali Buka Pelatihan Kerja Kapal Pesiar

2020 blk lombok timur buka pelatihan kerja kapal pesiar

OPSINTB.com - Tahun 2019 lalu, Balai Latihan Kerja (BLK) Lombok Timur menutup program pelatihan kerja Kapal Pesiar. Namun tahun ini, pelatiahan kapal pesiar kembali dibuka untuk umum.

"2019 program kapal pesiar kita Off. Tapi tahun ini sudah dibuka kembali," kata Khairul Ziyat, Kasi Penyelenggaraan dan pemberdayaan pada BLK Lombok Timur, beberpa waktu lalu.

Hingga berita ini diterbitkan, Senin 20/01/2020, masyarakat yang berminat mengikuti pelatihan sudah bisa mendaftarkan diri, tentunya dengan mengikuti tahapan seleksi.

Tahun ini, pola kerjasama penempatan tenaga kerja kapal pesiar diatur langsung oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Dimana Kementerian bekerjasama dengan Manning Agent. Artinya, Manning Agentlah yang akan mencari kapal pesiar untuk calon pekerja. Sesuai kemampuan, peluang dan kebutuhan dari kapal pesiar itu sendiri.

"Tapi tentu harus mengikuti berbagai tahapan seleksi. Baik dari kami (BLK Lombok Timur, red) dan pihak penyalur atau Manning Agent," jelasnya.

Dengan pola yang baru, lanjutnya, peserta pelatihan atau calon pekerja akan mendapat lebih banyak pilihan kapal pesiar. Seperti kapal pesiar Princess, Carnival dan kapal pesiar lainnya.

Untuk itu, Ziyat menghimbau agar masyarakat segera mendaftarakan diri untuk mengikuti pelatihan. Terutama untuk program kapal pesiar yang kembali dibuka tahun ini.

Selain kapak pesiar, BLK Lombok Timur juga membukan program pelatihan kerja untuk Perhotelan dan Pariwisata dengan berbagai bidang jurusan.

Namun untuk tahun 2020, kata Ziyat, jumlah peserta pelatihan yang diterima lebih sedikit ketimbang tahun sebelumnya. BLK Lombok Timur hanya menerima 482 orang peserta. Masing-masing untuk Non Bording (luar asrama) 96 orang dan Boarding (asrama) 386 orang. "Jumlahnya sudah ditentukan dari pusat," imbuhnya. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama