SMA Al-Mukhtariyah Mamben Ajarkan Siswa Membuat Obat Herbal - OPSINTB.com | News References -->

Saturday, December 14, 2019

SMA Al-Mukhtariyah Mamben Ajarkan Siswa Membuat Obat Herbal

SMA Al-Mukhtariyah Mamben Ajarkan Siswa Membuat Obat Herbal

Cara buat obat herbal

OPSINTB.com - SMA Al-Mukhtariyah Mamben, Kecamatan Wanasaba, Lombok Timur melaksanakan sosialisasi obat-obatan medis dan tradisional terhadap siswa setempat, Sabtu 14/12/2019.

Sosialisasi dilakukan guna memberikan pemahaman siswa tentang obat-obatan dan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di sekitar lingkungan, sebagai obat yang mampu mengobati berbgai macam penyakit. Sosialisasi juga dirangkai dengan pelatihan membuat obat tradisional.

Aluh Atik Maryati S Far Apt, selaku Pemateri dalam kegiatan tersebut menjelaskan secara teori pengetahuan tentang cara memilih obat dan penggunaannya, jenis obat serta hal-hal yang berkaitan dengan obat-obatan.

Selain itu, apoteker asal Lombok Tengah itu langsung praktik mengajarkan siswa cara meramu obat tradisonal. Di antaranya obat penyakit mata yang dibuat dari wortel dan gula putih. Serta obat batuk, flu, amandel, kanker, radang dan jenis penyakit lainnya yang obatnya terbuat dari campuran Jahe, kunyit dan gula putih.

Ramuan obat-obatan herbal ini langsung dikonsumsi oleh siswa dan guru yang ikut dalam pelatihan tersebut. Peserta sosialisasi rata-rata mengakui ramuan yang diajarkan tersebut memiliki rasa yang enak dan diyakini bisa mengobati penyakit.

Kegiatan sosialisasi akan dilaksanakan kembali dengan materi obat-obatan herbal lainnya, pada waktu yang akan datang.

"Ini pertama kali kita lakukan dan akan terus kita agendakan pada waktu yang akan datang," kata Umar Hamdan, salah seorang guru yang mendampingi kegiatan sosialisasi. (bal)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama