Menuju NTB Hijau, Civitas Universitas Hamzanwadi Tanam 15 Ribu Bibit Pohon - OPSINTB.com | News References -->

Kamis, 19 Desember 2019

Menuju NTB Hijau, Civitas Universitas Hamzanwadi Tanam 15 Ribu Bibit Pohon

Menuju NTB Hijau, Civitas Universitas Hamzanwadi Tanam 15 Ribu Bibit Pohon

NTB gemilang

OPSINTB.com - Civitas academica Universitas Hamzanwadi melakukan kegiatan menanam pohon di lingkungan Yayasan Pondok Pesantren Hamzanwadi, Selong, Lombok Timur, Kamis 19/12/2019.

Kegiatan yang melibatkan ribuan mahasiswa itu terlaksanan sebagai bentuk pengabdian dan mendukung program NTB Gemilang menuju NTB Hijau. Sesuai dengan tema yang diusung, Hamzanwadi Go Green 2019.

Humas Universitas Hamzanwadi, Dr Muhammad Halqi mengatakan, penanamana pohon dilakukan sebagai salah satu upaya menghasilkan energi dan sumber daya alam baru. Mengingat saat ini pepohonan sudah mulai jarang, terlebih lagi di wilayah perkotaan.

"Kegiatan penanaman pohon dengan berbagai jenis seperti sengon, mahoni, trembesi, durian, dan nangka saat ini sebanyak 15 ribu bibit. Kegiatan ini tidak hanya terhenti pada saat menanam, namun keberlanjutan berupa monitoring perawatan," jelas Halqi di sela-sela kegiatan penanaman pohon.

Oleh karena itu, lanjut dia, semua yang terlibat penanaman pohon diharap akan melakukan monitoring perawatan secara berkala selama beberapa bulan untuk melihat pertumbuhan bibit yang sudah ditanam.

"Tanpa monitoring dan perawatan, apa yang ditanam hari ini tidak mungkin mendapatkan hasil maksimal. Jadi monitoring ini sangat penting, melakukan tambal sulam dan bila perlu pemupukan," jelasnya.

Halqi juga menegaskan, kegiatan ini selain melibatkan mahasiswa, juga melibatkan semua santri di lingkungan yayasan dengan jumlah belasan ribu, dikomandoi oleh kepala madrasah masing-masing.

"Kegiatan penghijauan ini diawali dengan penyerahan bibit kepada santri oleh pengurus yayasan yang diwakili oleh ibu Hj Dukha Yunitasari yang juga Wakil Rektor Universitas Hamzanwadi. Kami bersyukur kegiatan berjalan lancar dan aman, semoga kegiatan ini menjadi acuan masyarakat untuk selalu tetap menjaga lingkungan dengan menanam pohon sehingga menjadi hijau dan asri," tutup Halqi. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama