Kawasan Selatan Rawan Kriminal, BPPD Lotim Usul Bangun Pos Keamanan Wisata - OPSINTB.com | News References -->

12/12/19

Kawasan Selatan Rawan Kriminal, BPPD Lotim Usul Bangun Pos Keamanan Wisata

Kawasan Selatan Rawan Kriminal, BPPD Lotim Usul Bangun Pos Keamanan Wisata

Bppd kabupaten lombok timur

OPSINTB.com - Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lombok Timur (Lotim), Ahmad Roji mengatakan, selain keindahan destinasi, keamanan merupakan unsur vital dalam pengembangan pariwisata.

Maka, kata dia, pengamanan kawasan wisata harus terus ditingkatkan. Terutama di kawasan selatan seperti Kecamatan Jerowaru dan lingkup wilayah terkait. Sebab angka kriminalitas di kawasan selatan dinilai cukup tinggi. Seperti aksi curas, curat dan curanmor.

Berdasarkan catatan kriminal Polres Lotim melalui Kasat Reskrim Lotim, tingkat kriminal di kawasan selatan sekitar 30 sampai 40 persen.

Sementara destinasi wisata di kawasan selatan menjadi salah satu andalan Lotim. Sebut saja Pantai Pink, Pantai Ekas, Pantai Cemara, Pantai Kaliantan, Pantai Surga dan beberapa pantai lainnya.

Namun dengan maraknya aksi kriminal dikhawatirkan akan menekan angka kunjungan wisatawan. Sementara saat ini pemerintah daerah sedang gencar melakukan pengembangan dan promosi wisata, termasuk destinasi wisata pantai di kawasan selatan.

Hal tersebut mendorong BPPD Lotim memberi usulan agar pemerintah daerah dan unsur terkait, berupaya membangun pos bersama atau pos keamanan wisata di kawasan selatan. Setidaknya dimulai tahun 2020.

"Saya berharap nanti ada pos bersama di kawasan pantai selatan. Melibatkan TNI, Polri dan sipil lainnya. Dimana nanti titiknya dibahas sama pemerintah," kata Roji, Rabu 11/12/2019.

Dengan adanya pos bersama diharapkan bisa menjamin keamanan serta kenyamanan wisatawan. Pos bersama juga diharapkan bisa meminimalisir angka kriminalitas di kawasan selatan. "Sebab tidak cukup dengan Polsek. Karena jarak tempuh ke selatan cukup jauh," pungkas Roji.

Kasat Reskrim Lotim, AKP I Made Yogi Purusa Utama, secara pribadi menyambut baik usulan tersebut. Sebab masih bersinergi dengan visi Polres Lotim untuk menekan angka kriminal.

"Tapi sehubungan dengan pos nanti akan kami sampaikan ke Pimpinan. Mudah-mudahan adanya kolaborasi 2020 antara Forkopimda dan kami bisa membangun suatu tempat yang memang khusus," kata Yogi. (yan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama