Jangan Sampai Ketinggalan Pesawat di 'BIL', ini Solusinya - OPSINTB.com | News References -->

Saturday, November 23, 2019

Jangan Sampai Ketinggalan Pesawat di 'BIL', ini Solusinya

Jangan Sampai Ketinggalan Pesawat di 'BIL', ini Solusinya

Harga tiket dan jadwal keberangkatan bus terminal pancor ke BIL

OPSINTB.com - Dulu namanya Bandara Internasional Lombok (BIL) sebelum diganti menjadi Lombok International Airport (LIA). Dan akhir-akhir ini pergantian nama bandara kembali menjadi perdebatan. Dari LIA menjadi Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Lombok Tengah.

Terlepas dari kisruh nama bandara tersebut, untuk artikel ini kita gunakan nama BIL. Pasalnya, tidak bisa dipungkiri nama BIL masih terlalu akrab di telinga masyarakat Lombok. Selanjutnya, perubahan nama bandara akan disesuaikan pada artikel berikutnya.

Okey, kita mulai info dan tipsnya.

Tiket pesawat sudah berada di genggaman. Namun tak jarang calon penumpang ditinggal pesawat dan akhirnya tiket menjadi hangus. Ada beberapa penyebab calon penumpang ditinggal pesawat. Salah satunya calon penumpang belum tiba di bandara hingga pesawat lepas landas. Alasannya tentu beragam.

Namun untuk menghindri hal tersebut. Pertama, calon penumpang harus mengetahui jadwal keberangkatan pesawat yang tertera pada tiket. Lalu tiba di bandara satu jam sebelum pesawat lepas landas. Selanjutnya Check-in tiket dan menunggu di ruang tunggu penumpang. Maka dapat dipastikan calon penumpang tidak akan ketinggalan pesawat.

Bagi calon penumpang pesawat khususnya area Lombok Timur (Lotim), sebaiknya gunakan alat transportasi yang disediakan oleh pemerintah provinsi/daerah menuju BIL. Yakni Bus Damri Angkutan Pemadu Moda BIL. Bua yang disediakan pemerintah menuju BIL selalu standby di Terminal Pancor, Lotim. Bus siap mengantar penumpang menuju BIL tepat waktu.

Sekretaris Dinas Perhubungan Lotim, Ahmad Masri mengatakan, selain efisien waktu, Bus Damri juga lebih murah. Calon penumpang cukup membeli tiket bus Rp 35 ribu hingga BIL. Begitu juga sebaliknya, dari BIL ke Lotim.

Kata Masri, dua jam sebelum keberangkatan pesawat, bus sudah berangkat menuju BIL meski tidak ada penumpang. Sebab bus harus datang tepat waktu di BIL untuk membawa penumpang kembali ke Lotim.

"Jadi sebaiknya penumpang harus datang di Terminal Pancor 30 menit sebelum jadwal keberangkatan bus. Atau bisa menunggu di jalur perlintasan bus," kata Masri, Jumat 22/11/2019.

Berikut jadwal Keberangkatan Bus Terminal Pancor menuju BIL :

Berangkat 04.00  -  Tiba 05.00
Berangkat 06.00  -  Tiba 07.30
Berangkat 07.30  -  Tiba 09.00
Berangkat 09.30  -  Tiba 11.00
Berangkat 12.00  -  Tiba 13.30
Berangkat 14.30  -  Tiba 16.00
Berangkat 16.00  -  Tiba 17.30
Berangkat 17.30  -  Tiba 19.00

Terkait jumlah bus yang tersedia, kata Masri, dua unit bus tersebut masih bisa menampung seluruh penumpang. "Kita sudah evaluasi jumlah penumpang bus, sejauh ini masih mencukupi," katanya.

Jika suatu saat volume penumpang melebihi jumlah bus yang dersedia, lanjutnya, maka pemda akan usulkan penambahan bus kepada pemerintah provinsi. "Tapi sejauh ini belum ada keluhan masyarakat terkait kepenuhan penumpang," pungkas Masri. (met)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama