Peringati HKBN, BPBD ingatkan masyarakat Loteng selalu siaga bencana - OPSINTB.com | News References -->

26/04/24

Peringati HKBN, BPBD ingatkan masyarakat Loteng selalu siaga bencana

Peringati HKBN, BPBD ingatkan masyarakat Loteng selalu siaga bencana

 
Bpbd loteng

OPSINTB.com - Pemkab Lombok Tengah (Loteng) melaksanakan Apel Siaga dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) yang jatuh setiap tanggal 26 April. Kegiatan tersebut berlangsung di Dusun Teluk Awang, Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Jumat (26/4/2024).


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Loteng, Ridwan Ma'ruf, menyatakan acara ini sebagai peringatan HKBN yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia. Adapun acara HKBN ini mengangkat motto 'Kenali Bencana Siap Selamat'. 


''Sebab kita tidak pernah tau kapan bencana itu datang,'' kata Ridwan Ma'ruf. 


Lanjut Ridwan, pemilihan Teluk Awang sebagai lokasi peringatan HKBN kali ini adalah untuk mengingat kembali bahwa pada 1977 silam Teluk Awang pernah dihantam bencana Tsunami dahsyat. 


''Di sini pernah terjadi bencana Tsunami pada tahun 1977. Untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat Awang dengan kejadian Tsunami tersebut,'' imbuhnya. 


Selain apel peringatan, sebelumnya BPBD juga telah melakukan simulasi bencana dengan melibatkan 100 orang. ''Simulasinya bencana gempa dan Tsunami,'' ucap Ridwan. 


Adapun untuk mengantisipasi bencana Tsunami di daerah pesisir pantai, BPBD telah memasang alat peringatan (sirine) yang tiap bulan pada tanggal 26 selalu dibunyikan. 


''Untuk memenuhi itu, kami akan memasang lagi di tiga lokasi. Ini adalah kerjasama dengan BNPB Pusat. Lokasinya di Awang, Gerupuk, dan Selong Belanak,'' kata Ridwan. 


Ia menyebut, alasan pemasangan pada tiga lokasi tersebut disebabkan ketiganya merupakan daerah lokasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. ''Sehingga kita wajib hukumnya dari awal memberikan tanda-tanda keselamatan kepada mereka,'' ujarnya. 


Pihaknya mengajak kepada masyarakat baik di daerah pesisir maupun bagian utara yang rawan dengan bencana tanah longsor untuk selalu siaga setiap saat. 


Peringatan HKBN diikuti oleh Pemdes Mertak, masyarakat Dusun Teluk Awang, IPDN, pelajar dan guru daerah setempat, serta anggota Forkopimda Loteng. (wan)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 OPSINTB.com | News References | PT. Opsi Media Utama